EntertainmentFamily ActivitiesInspiringKabar TerkiniKisah RomansakolomMotivationnasionalWanita & Gaya Hidup
Trending

Inilah Alasan Mengapa Hari Ibu Menjadi Hari Spesial. Simak Yuk Ulasan Singkatnya !!

Jakarta – Yukemari.com

Ibu, dialah sosok kuat yang jasanya tak tertandingi oleh siapapun. Tentu masih banyak dari kalian bertanya-tanya mengapa tanggal 22 Desember ini menjadi salah satu tanggal yang sangat spesial ?

Perlu diketahui bahwa setiap tanggal 22 Desember merupakan hari yang sangat membahagiakan bagi para Ibu di dunia. Pada bulan Desember ini selain menjadi bulan yang yang kalian nantikan sebagai waktu tepat berlibur seperti natal dan tahun baru akan tetapi dibulan Desember ini juga terdapat tanggal yang teristimewa 22 Desember yang merupakan peringatan Hari Ibu ,utamanya menjadi kado spesial bagi para Ibu di Indonesia.

Menurut informasi yang Yukemaricom peroleh dari Wikipedia

Hari Ibu merupakan hari peringatan atau perayaan terhadap peran penting seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Baca juga : Bingung Memilih Destinasi Wisata Tahun Baru ? Nah Ini Solusinya

Di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Sejarah Singkat Hari Ibu di Indonesia.

  • Kebangkitan kaum perempuan.

Membuka sejarah di masa lalu, dimana kita mengenal adanya Kartini, Tan Malaka, Tirto Adhi Suryo, Rasuna Said, Dewi Sartika, Cut Meutia, dan pejuang lainnya yang memulai gerakan perlawanan untuk menentang pemerintahan Belanda.

Saat itulah mulai bermunculan organisasi-organisasi perlawanan. Perempuan juga ikut berperan dalam perlawanan, khususnya untuk memperjuangkan nasib perempuan saat itu. Beberapa isu yang diangkat oleh organisasi perempuan ketika itu adalah tentang kesetaraan dalam mendapatkan pendidikan, berpendapat di publik, dan lain sebagainya.

  • Kongres Perempuan Indonesia

Organisasi-organisasi perempuan tersebut mulai menyadari banyaknya hambatan dalam perjuangan nasib perempuan. Namun, semangat juang para perempuan di kala itu sangat luar biasa. Pada 22-25 Desember 1928, para pejuang perempuan berkumpul untuk mengadakan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama. Di sebuah bangunan yang terletak di Jalan Adisucipto, Yogyakarta, yang dikenal dengan nama Gedung Mandalabhakti Winatatama, berkumpulkan organisasi perempuan dari Jawa dan Sumatera.

Dalam kongres ini, yang menjadi agenda utamanya yaitu mengenai persatuan perempuan nusantara; peranan perempuan dalam aspek pembangunan bangsa, dalam perjuangan kemerdekaan; pernikahan usia dini bagi perempuan; dan perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita.

Baca juga: Pasti Kamu Kaget Deh, 7 Hal Kecil Ini Yang Bikin Hubunganmu Dengan Pasanganmu Makin Akrab

Tujuh tahun setelahnya, diadakan kembali Kongres Perempuan Indonesia kedua pada Juli 1935. Badan Pemberantasan Buta Huruf (BPBH) dibentuk dalam kongres kedua ini. Selain itu, para pejuang perempuan juga menentang atas perlakuan tidak wajar kepada buruh perempuan di perusahaan batik Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Kemudian, pada 22 Desember 1938 Kongres Perempuan Indonesia ketiga diselenggarakan. Kongres ketiga ini memutuskan penetapan hari ibu yaitu pada 22 Desember. Menurut Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959, presiden Soekarno menetapkan tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu.

Jadi dalam kesempatan yang sangat spesial hari Ibu Ini, sempatkanlah memberikan doa serta ucapan paling spesial bahkan bisa juga membantu pekerjaan Ibumu walau hanya satu hari. Semoga dihari spesial ini tercipta keakraban, eratnya kebersamaan antara dirimu, keluarga dengan sang Ibu tercinta.

Terima kasih telah meluangkan waktu membaca informasi yang kami sajikan, yukemari.com salah satu portal berita tepat memenuhi kebutuhanmu dalam mencari referensi informasi, kabar-kabar, berita, tips dan artikel menarik yang sangat up-to-date.

Jangan lupa memberikan komentar, saran positif yang membangun ya. Apabila kalian berminat menjalin partnership dan iklan, silakan kirimkan ketertarikanmu ke email kami di [email protected]

Baca juga : Mau Tau Caranya Agar Rencana Pesta Pernikahanmu Berjalan Sukses Saat Hari H Nanti ? 10 Tips Cerdas Ini Bisa Membantumu Lho!!


* Dapatkan kabar-kabar dan penawaran terupdate

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah Alasan Mengapa Hari Ibu Menjadi Hari Spesial. Simak Yuk Ulasan Singkatnya !!

Mau Dapetin Ragam Kabar Terkini Yukemari ?

Yuk Gabung Di Facebook Fans Page Kami !!

Close
Close
%d bloggers like this:
Thank You. We will contact you as soon as possible.
{social-facebook-like}

Register Now Grand Opening BRP GKM

Grand Opening BRP GKM 25 November 2018

Gebyar Hadiah Ulang Tahun BRP Ballroom ke-11

gebyar-ulang-tahun-brp-ballroom-ke-11-simple-wedding-indonesia-promo-wedding-jakarta-kabar-terbaru-yukemari
Inilah Alasan Mengapa Hari Ibu Menjadi Hari Spesial. Simak Yuk Ulasan Singkatnya !! Reviewed by rezaalfianto on . This Is Article About Inilah Alasan Mengapa Hari Ibu Menjadi Hari Spesial. Simak Yuk Ulasan Singkatnya !!

Jakarta – Yukemari.com Ibu, dialah sosok kuat yang jasanya tak tertandingi oleh siapapun. Tentu masih banyak dari kalian bertanya-tanya mengapa tanggal 22 Desember ini menjadi salah satu tanggal yang sangat spesial ? Perlu diketahui bahwa setiap tanggal 22 Desember merupakan hari yang sangat membahagiakan bagi para Ibu di dunia. Pada bulan Desember ini selain menjadi …

Rating: 4