Tech & GadgetTechno
Trending

Jangan Lupakan, Berikut Ini Kiat Tepat Dalam Mempertimbangkan Upgrade Memory RAM

Hello Sahabat Yukemari.com,

Kali ini yukemari.com akan mengulas banyak hal nih seputar Memory RAM.
Di dalam sebuah komputer (PC desktop) hingga notebook, salah satu perangkat keras (hardware) yang sangat berperan dalam kinerja dan performa komputer adalah Memory atau RAM (Random Access Memory).

Kali ini kita akan mengenal sedikit lebih dalam apa itu RAM dan mengapa kita membutuhkannya.
RAM sendiri merupakan sebuah komponen yang penting dalam sebuah PC desktop atau komputer pribadi. Dimana RAM berperan sebagai penyimpanan data intruksi sementara yang ada di PC sebelum di eksekusi dan diolah oleh processor. Untuk komputer, type RAM yang dipakai adalah berjenis DDR (Double Data Rate) memory.

Sesuai dengan sebutannya bahwa RAM berjenis DDR yang memiliki dua buah jalur untuk lalu-lintas data dari atau ke processor. Terdapat lagi versi QDR yang memakai 4 buah jalur. Ini dipakai pada sebuah vga card (graphic card) dan ram khusus pada workstation – server.  Pada PC desktop hingga notebook consumer biasa, biasa memakai DDR.

Pada sebuah komputer (PC desktop) hingga notebook/laptop, salah satu perangkat keras (hardware) yang sangat berperan dalam kinerja dan performa komputer adalah Memory atau RAM (Random Access Memory).

Kali ini kita akan mengenal sedikit lebih dalam apa itu RAM dan mengapa kita memerlukannya.
Banyaknya kapasitas memory RAM pada komputer tentunya akan mempengaruhi kecepatan dan kinerja dalam pemrosesan data ataupun aktifitas.
Pasti kalian bertanya-tanya sebenarnya apa saja sih yang mesti dipertimbangkan apabila hendak melakukan upgrade memory RAM pada sebuah PC Desktop hingga Notebook ?

Utamanya, sebelum hendak melakukan upgrade RAM adalah mengetahui hal-hal sebagai berikut:

  • Kebutuhan Upgrade
    Pertama yang harus dilihat adalah alasan mengenai, “Mengapa kamu perlu upgrade RAM?”. Jangan sampai, melakukan upgrade RAM hanya karena ikut-ikutan seperti orang lain yang kapasitas memory RAMnya besar. Disarankan, ketika kita akan melakukan upgrade RAM, satu hal yang kita rasakan adalah kecepatan yang lebih dibanding sebelum dilakukan upgrade. Tapi, satu hal yang terkadang kita lupa, apakah hardware plus software kita juga telah mendukung dalam upgrade RAM tersebut atau tidak ? Apabila tidak, upgrade sebesar-besarnya yang kita lakukan pun akan terasa sia-sia saja. Poin pertama dicatat baik-baik ya, karena ini sebagai langkah awal dan paling penting sebelum melanjutkan tahapan berikutnya.
  • Jenis Processor. Pada dasarnya, masing-masing processor memiliki kriteria spesifikasi memori yang yang berbeda satu sama lain yang memang dari awal telah ditentukan oleh produsen processor itu sendiri. Sebagai salah satu contoh yaitu pada komputer yang saya gunakan saat ini mempunyai jenis processor generasi pertama Core i3 yaitu Intel® Core™ i3-390M. Saat ini i3 mungkin sudah banyak berkeliaran di beberapa komputer-komputer yang di jual, tapi satu hal yang perlu dilihat adalah seri/generasi processor tersebut yang biasanya disertakan dibelakang prosesor core i3.

Sesuai informasi sang produsen prosesornya sendiripun (termuat pada offical websitenya http://ark.intel.com untuk mengetahui spesifikasi memori dari processor yang ada), komputer yang saya gunakan memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Yang terpenting, yang perlu dilihat adalah tiga poin pertama, yaitu tentang maksimal memori yang bisa dibaca, tipe memori yang mendukung processor, serta dukungan channel pada processor kita.

Poin Pertama adalah Maximal Memory = 8GB.

Maksud dari poin pertama adalah, pembacaan memory yang ditentukan maksimal adalah 8 GB, nah lalu apa yang terjadi jika kita telah memasang memory berkapasitas 16GB ? Ya tetap saja, yang dibaca juga 8 GB. Apabila kita sudah tahu hal ini, maka kita bisa menyesuaikan dengan ketentuan yang ada pada komputer, sehingga mencegah tindakan membuang-buang uang yang tidak semestinya untuk hanya mendapatkan kecepatan yang sangat diharapkan.

Poin Kedua: Tipe Memory

Maksud dari poin kedua adalah kecepatan maksimal dari memory RAM yang ditentukan adalah DDR3 dengan kecepatan 1066 Mhz. Bagaimana mengetahui jumlah kecepatan RAM DDR3 ? Hal tersebut yang sebaiknya mesti diketahui. Diberbagai toko dan dipasaran terkait memory RAM, nantinya akan menjumpai beragam tipe RAM DDR3 diantaranya PC8500, PC10600, PC12800, PC15000.
Masing-masing tipe RAM tadi mempunyai kecepatan sebagai berikut:
PC8500 = 1060 Mhz
PC10600 = 1333 Mhz
PC12800 = 1600 Mhz
PC15000 = 1875 Mhz
PC16000 = 2000 Mhz

Tabel spesifikasinya pun bisa dilihat dibawah ini.

Untuk perhitungan diatas, sejatinya akan diperoleh berdasarkan penghitungan sebagai berikut Untuk masalah angka di belakang PC diatas yang dibold atau ditebalkan, mempunyai arti bahwa (misalnya pada memory RAM PC8500) RAM tersebut bisa mengeksekusi sekitar 8500 MBps (Mega Bit Per Second), oleh karena itu untuk menghitung kecepatan dalam mengeksekusi angka diatas, maka perhitungannya adalah (1 byte=8 bit) 8500 Mbps/8bit/Hz = 1062,5 Mhz (atau biasa disebut dengan 1060 Mhz).
Rumus efisiennya agar mudah dipahami, dapat dibagi dengan 8 saja angka dibelakang komputer desktop.
saja, atau paling tepat yang dipasang di laptop ya PC8500. Terus bagaimana jika saya pasang PC12800? Kecepatan yang dibaca juga tetap, maksimal yaitu 1060 Mhz saja, artinya RAM yang kita pasang akan mengalami downgrade dari yang seharusnya kecepatan 1600 Mhz menjadi 1060 Mhz saja.

Tetapi, ketika saya cari PC8500 8GB (2x4GB/dual channel) tidak ada di pasaran, maka satu-satunya pilihan yang saya ambil adalah PC10600 8GB (2x4GB/dual channel), karena sengaja saya ingin pakai yang support dual channel [akan dibahas pada poin berikutnya]. Poin kedua ini harus dimengerti baik-baik jika kita ingin berbicara masalah upgrade RAM agar uangnya tidak mubazir atau sia-sia.

Kamu dapat membandingkannya, untuk harga RAM sebagai berikut [perbandingan menggunakan RAM merk corsair, diambil dari sebuah toko online resmi] yaitu tipe PC10600 8GB (Dual Channel): Rp. 382.000 dibandingkan dengan PC12800 8GB (Dual Channel): Rp. 507.000. Kita akan menghemat sekitar Rp. 125.000. Kok bisa menghemat ?  Ya jelas, mau beli yang PC diatas PC10600 hingga jutaan rupiah maka akan terbaca  hanya kecepatan 1060 Mhz.

Poin Ketiga : Dukungan Channel Memory

Untuk masalah hal ini, apabila tertulis angka 2, maka processor telah mendukung dan dapat membaca RAM Dual Channel, begitu juga jika tertulis angka 3, maka akan bisa support membaca RAM Tripple Channel. Jika lebih jeli lagi, pasti kita akan menjumpai di pasaran RAM yang meskipun besarnya sama, misal 8 GB, tetapi banyak embel-embelnya.
Informasi seperti dibawah ini :
tabel perbandingan jenis RAM

(perhatikan yang di bold kuning!!). Dari data tersebut, terdapat dua jenis RAM, sama-sama 8 GB, tetapi ada embel-embel dual channel pada RAM terakhir. Satu hal yang membedakan, jika anda membeli kedua RAM tersebut, untuk RAM paling atas [tanpa dual channel] Anda akan mendapat hanya satu keping RAM sebesar 8 GB, tetapi jika Anda membeli yang paling bawah, maka Anda akan mendapatkan dua keping RAM yang masing-masing mempunyai kapasitas sama, yaitu 4 GB. Lalu jika ditanyakan, lebih cepat yang mana? Logikanya sepertiini.

Kapasitas RAM ibarat kapasitas Jalan Tol [anggap saja data yang ada sebagai mobil], channel ibarat pintu tolnya. Jika kapasitas jalan tol sama, tetapi jalan tol yang satu mempunyai pintu satu, dan satunya lagi mempunyai pintu tol dua buah, pastinya, mobil yang bisa melewati pintu tol tersebut akan lebih cepat selesai pada tol yang mempunyai dua buah dari pada satu kan? Logikanya seperti itu! Oleh karena fenomena ini memang terjadi, maka himbauan untuk pembaca bahwa seandainya ingin memasang 4GB pada komputer, maka akan lebih baik, jika memasang 4GB Dual Channel [dua keping] dari pada 4GB Single Channel [satu keping].

Pertanyaan tambahan 1: Terus bagaimana kalo kita beli RAM tambahan dengan kecepatan yang sama dengan yang sudah kita pasang? Jawabannya: belum tentu bisa memunculkan ”dual channel”. Salah satu syarat yang bisa memunculkan dual channel adalah RAM tersebut harus identik, harus sama merk, harus sama kecepatan, harus sama chipset. Terkadang, yang sama merk dan kecepatanpun tidak maksimal memunculkan fasilitas dual channel, apalagi beda merk. Oleh sebab itu, akan lebih baik kita beli satu paket yang sudah diberikan oleh RAM yang ada. Seperti data diatas, misal satu paket 8GB yang langsung dua channel. 🙂

Pertanyaan tambahan 2: Bagaimana jika kita memasangkan dua slot memori tetapi yang beda kecepatan? Misal PC8500 dengan PC10600 meski sama kapasitasnya sebesar 4GB? Jawabannya: Kecepatan PC tersebut akan menyesuaikan dengan kecepatan RAM yang lebih kecil. Oleh sebab itu, pastikan jika ingin menambah RAM, harus di teliti dulu RAM yang sudah dipasang, kecuali jika kita ingin mengganti total.

Ingat ya, dual channel sebenarnya bukan RAM yang support dual channel, tetapi processor dan motherboard-nya lah yang dapat menerima/support dual channel.

Pertanyaan tambahan 3: Bagaimana kita tahu jenis RAM yang telah kita pasang? Jawabannya: Silahkan anda memakai tools yang baik menurut saya, yaitu HWinfo32. Aplikasi atau tools tadi bisa diunduh secara gratis, kamu bisa melakukan langsung pada menu run windows. Ketik sebuah command atau perintah pada run (tombol logo windows dapat dilakukan kroscek dengan menginput perintah msinfo32

OS/Operating System

Hal yang satu ini penting sekali untuk di perhatikan setelah kita memakan habis dan disimpan di otak beberapa hal diatas. Jika kita telusuri lebih lanjut, instalasi OS pada komputer kita akan berpengaruh terhadap besarnya RAM yang kita pasang. Yang lebih saya soroti di sini adalah tentang masalah 32bit/64bit pada OS yang kita instal. Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah, apa sih pengaruh OS terhadap pembacaan RAM yang kita pasang? Mari, saya jelaskan.

Sadar, tidak sadar, ternyata pada kenyataannya, OS yang kita pasang (baik linux atau pun windows) mempunyai limit memory pada masing-masing jenisnya. Disini saya akan banyak menjelaskan tentang windows, karena pengguna komputer saat ini banyak memakai windows sehingga mungkin lebih banyak dibaca apalagi jika dikaitkan dengan perkembangan jenis windows yang lumayan cepat. Tapi jika dikaitkan dengan linux, inti dari 32 dan 64bit tetap sama kok.

Pada dasarnya, perbedaan dari 32 dan 64 ini adalah tentang banyaknya kapasitas register, yaitu tempat menyimpan data yang bisa di tangani CPU dalam satu kali operasi/perhitungan. Saya tidak akan terlalu banyak membahas register dan processor, tetapi intinya bahwa ketika kita memakai 64 bit, ruang penyimpang pada register akan lebih banyak, dan ketika register mempunyai kapasitas lebih banyak, maka pemrosesan juga lebih cepat.

Setelah mengetahui sedikit perbedaan 64 dan 32 bit, kamu akan melihat contoh limit memory yang dimiliki oleh masing-masing Operating System  Windows.

Demikian informasi yang dapat bagikan kali ini, apabila kamu ingin memperoleh  informasi-informasi lengkap, terbaru dan bermanfaat ? Yuk ikuti terus berita terkini dari http://yukemari.com ya.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca berita terkini dari yukemari.com

Tags

2 Comments

  1. Hello ,

    I saw your tweets and thought I will check your website. Have to say it looks very good!
    I’m also interested in this topic and have recently started my journey as young entrepreneur.

    I’m also looking for the ways on how to promote my website. I have tried AdSense and Facebok Ads, however it is getting very expensive.
    Can you recommend something what works best for you?

    Would appreciate, if you can have a quick look at my website and give me an advice what I should improve: http://janzac.com/
    (Recently I have added a new page about FutureNet and the way how users can make money on this social networking portal.)

    I have subscribed to your newsletter. 🙂

    Hope to hear from you soon.

    P.S.
    Maybe I will add link to your website on my website and you will add link to my website on your website? It will improve SEO of our websites, right? What do you think?

    Regards
    Jan Zac

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lupakan, Berikut Ini Kiat Tepat Dalam Mempertimbangkan Upgrade Memory RAM

Mau Dapetin Ragam Kabar Terkini Yukemari ?

Yuk Gabung Di Facebook Fans Page Kami !!

Close
Close
%d bloggers like this:
Thank You. We will contact you as soon as possible.
{social-facebook-like}

Register Now Grand Opening BRP GKM

Grand Opening BRP GKM 25 November 2018
Jangan Lupakan, Berikut Ini Kiat Tepat Dalam Mempertimbangkan Upgrade Memory RAM Reviewed by rezaalfianto on . This Is Article About Jangan Lupakan, Berikut Ini Kiat Tepat Dalam Mempertimbangkan Upgrade Memory RAM

Hello Sahabat Yukemari.com, Kali ini yukemari.com akan mengulas banyak hal nih seputar Memory RAM. Di dalam sebuah komputer (PC desktop) hingga notebook, salah satu perangkat keras (hardware) yang sangat berperan dalam kinerja dan performa komputer adalah Memory atau RAM (Random Access Memory). Kali ini kita akan mengenal sedikit lebih dalam apa itu RAM dan mengapa …

Rating: 4