Info GadgetKabar TerkiniTechnoTechno Tips

Kamu Mau Tau Apa Sih Itu Linux Serta Apa Saja Kekurangan Dan Kelebihan Linux ?? Intip Yuk Ulasan Lengkapnya Disini !!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jakarta – Yukemari.com

Hello Sahabat Yukemaricom, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga tetap sehat dan semangat dalam menjalani aktifitas hari ini.

Saat masih duduk dibangku sekolah, masa-masa kuliah hingga kini telah bekerja disebuah perusahaan pastinya kamu sudah tidak asing lagi menggunakan sistem operasi microsoft windows yang berperan membantu menangani proses pengolahan data, membantu proses kelancaran pekerjaan hingga membantu menangani suatu proses pekerjaan yang lebih expert semisal membuat suatu program atau sistem aplikasi.

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows merupakan keluarga sistem operasi yang dikembangkan serta diproduksi oleh salah satu perusahaan teknologi terkemuka asal Amerika Serikat yaitu Microsoft Corp dengan menggunakan GUI (Graphical User Interface) atau antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Microsoft Windows pun sangat familiar dan kerapkali digunakan oleh mayoritas penduduk didunia dalam membantu penyelesaian pekerjaan dikehidupan sehari-hari.

Sistem operasi Microsoft Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan perintah command line. Microsoft Windows versi pertama adalah Windows Graphic Environment 1.0 diperkenalkan perdana pada 10 November 1983 namun dirilis secara resmi pada bulan November 1985, yang dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

Baca juga : Hore Berikut Ini 7 Hero Terbaru Mobile Legends 2019, Termasuk Vale Hero Pengendali Angin

Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Microsoft Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi yang mampu berdiri sendiri tanpa bergantung kepada sistem operasi MS-DOS.

Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai sekitar 90% diseluruh dunia.

Nah ada yang sebaiknya kamu ketahui, bahwa selain sistem operasi Windows buatan microsoft Corp yang dikenal oleh masyarakat umum, terdapat satu sistem operasi lain yang dapat menjadi pilihan alternatif dalam membantu proses pekerjaan sehari-hari loh.

Penasaran ? Apa sih sistem operasi yang akan dibahas ini ?

Baiklah agar tidak penasaran lagi, Yukemaricom akan memberikan ulasannya.

Nah tepat sekali, sistem operasi lain yang dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif tersebut bernama Linux.

  • Sejarah dan Latar Belakang Sistem Operasi Linux Diciptakan.

Linux mulanya diciptakan oleh seorang mahasiswa asal negara Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Saat itu Linux hanya sebagai sebuah proyek iseng yang terinspirasi dari Minix yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanen-Baum.

Linux versi 0.01 dikerjakan pada bulan Agustus 1991. Kemudian pada 05 Oktober 1991, Linus Torvalds mengumumkan secara resmi versi awal Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan GCC (GNU C Compiler). Saat ini Linux merupakan salah satu sistem UNIX yang paling lengkap memiliki fungsi networking, pengembangan perangkat lunak (software development) bahkan cocok untuk pekerjaan sehari-hari. Linux saat ini sangat pantas dijadikan sebagai alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (seperti halnya windows 9.x/NT/2000/ME).

Baca juga : Yuk Buruan Unduh Disini Aplikasi GBInstagram Terupdate !!

Perkembangan Dari Sistem Operasi Linux.

Linux memiliki perkembangan yang sangat cepat dalam penyebaran dan penggunaannya hingga saat ini. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam komunitas dan kelompok orang. Keberagaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis.

Agar komunitas dan kelompok orang ini bisa berkomunikasi dengan cepat & efisien, jaringan internet menjadi pilihan yang sangat tepat sebab kernel Linux dikembangkan secara independen dan terbuka, ragam aplikasi yang tersedia, sebagai contohnya adalah  C-Compiler menggunakan GCC dari Free Software Foundation GNU’s Project. Compiler ini banyak digunakan pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun. Akhir-akhir ini, banyak aplikasi berbasis Linux yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis perkantoran seperti spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan layaknya aplikasi Microsoft Office yaitu Star Office.

Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel berbasis Linux serta aplikasi seperti Matlab di Linux yang bernama Scilab. Linux secara mudah diperoleh dalam berbagai distribusi atau Distro.

Bagi kamu yang belum mengetahui mengenai distro, distro adalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro. Ada banyak sekali distro-distro linux di Internet yang dapat kamu peroleh.

Macam-Macam Distro Pada Linux Awal Mulanya, antara lain :

  1. RedHat : distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia. RedHat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya bisa dikatakan tidaklah sulit.
  2. Debian : distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan ekstensi .deb dalam paket instalasi programnya.
  3. Slackware :  merupakan distribusi yang sempat hits dan trending di dunia Linux. Hampir keseluruhan dokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dari Slackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library ataupun aplikasinya) adalah yang sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil. Yang kedua karena dia menganjurkan untuk menginstall dari source sehingga setiap program yang kita install teroptimasi dengan sistem kita. Ini alasannya dia tidak mau untuk menggunakan binary RPM dan sampai Slackware 4.0, ia tetap menggunakan libc5 bukan glibc2 seperti yang lain.
  4. SuSE : distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. SuSE merupakan distribusi pertama dimana instalasinya dapat menggunakan bahasa Indonesia.
  5. Mandrake :  merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk pentium. Apabila komputermu memakai pentium kelas tinggi, umumnya Linux bisa jalan lebih cepat dengan Mandrake. WinLinux, distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (Windows). Jadi untuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows. Dan masih banyak distro-distro lainnya yang telah tersedia maupun yang akan muncul.

Hingga Kini Telah Ada Beragam Distro Pada Linux Yang Tersedia, Diantaranya :

    1. Arch Linux merupakan sebuah distribusi jenis rolling release yang ditujukan bagi pengguna Linux berpengalaman, Arch Linux dikelola oleh komunitas Linux.
    2. Manjaro adalah distribusi turunan Arch Linux yang cepat, ramah pengguna dan berorientasi-desktop
      Debian merupakan sebuah distribusi yang dikelola oleh sukarelawan didalam komunitas Linux.
    3. Debian merupakan sebuah distribusi awal yang masih ada hingga kini dan banyak menghasilkan turunan berupa distribusi baru. Berikut ini merupakan contoh distribusi populer yang diturunkan dari Debian. Canaima merupakan sebuah proyek sosial teknologi independen. Canaima dibangun dan dikembangkan di Venezuela berdasarkan Debian.
    4. Knoppix merupakan sebuah distribusi pertama yang menggunakan Live CD untuk menjalankan sistem dari removable media tanpa harus melakukan instalasi ke harddrive.
    5. Linux Mint Debian Edition (LMDE) merupakan sebuah distribusi yang dihasilkan secara langsung dari distribusi Debian.
    6. Ubuntu merupakan distribusi yang paling populer yang berasal dari debian, dikembangkan oleh perusahaan Canonical Ltd.
    7. Backtrack merupakan sebuah distribusi yang dikembangkan oleh tim Offensive Security yang dibangun khusus untuk tujuan digital forensik dan uji keamanan.
    8. Linux Mint merupakan sebuah distribusi Linux berbasis Debian (Linux Mint Debian Edition) dan Ubuntu.
    9. Xenta OS merupakan sebuah distribusi yang dikembangkan di Indonesia Basis Linux Mint yang menggunakan antarmuka desktop Cinnamon dan XFCE (untuk komputer dengan spesifikasi rendah)
    10. Lubuntu merupakan sebuah distribusi varian Ubuntu yang menggunakan antarmuka desktop LXDE (untuk komputer dengan spesifikasi rendah).
    11. Xubuntu merupakan sebuah distribusi Ubuntu yang menggunakan antarmuka desktop XFCE (untuk komputer dengan spesifikasi rendah).
    12. Kubuntu merupakan sebuah distribusi varian Ubuntu yang menggunakan antarmuka desktop KDE
    13. Edubuntu  merupakan sebuah distribusi varian Ubuntu khusus dalam pendidikan dan pembelajaran.
    14. BlackBuntu merupakan sebuah distribusi varian Ubuntu khusus untuk Penetrasi jaringan, keamanan, digital forensic.
    15. Sabily merupakan sebuah distribusi Varian ubuntu cocok bagi muslim ( lengkap dengan software yang islami )
    16. Elementary OS merupakan sebuah distribusi turunan dari Ubuntu yang dikembangkan oleh elementary LLC. Elementary OS menggunakan antarmuka desktop Pantheon.
    17. BlankOn merupakan sebuah distribusi yang dikembangkan oleh penggiat Linux di Indonesia. BlankOn menggunakan antarmuka desktop yang disebut Manokwari dan tersedia dalam beberapa bahasa daerah lokal di Indonesia.
    18. Fedora merupakan sebuah distribusi komunitas yang disponsori oleh perusahaan Amerika yakni RedHat. Red Hat Enterprise Linux, distribusi yang dikelola dan dikomersialkan oleh RedHat. Penggunaan RedHat tidaklah gratis dan mesti melakukan pembelian lisensi.
    19. CentOS merupakan sebuah distribusi yang diciptakan oleh komunitas linux yang dibangun dari kode sumber yang sama oleh RedHat. Untuk CentOS, kamu tidak akan dikenakan biaya karena tujuan awal pembuatannya adalah agar dapat digunakan secara gratis.
    20. Oracle Enterprise Linux merupakan sebuah distribusi turunan dari RedHat Enterprise Linux, dipelihara dan dikomersialkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat yaitu Oracle.
    21. IGOS Nusantara merupakan sebuah distribusi  yang dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). IGOS Nusantara merupakan turunan dari RedHat Enterprise Linux.
    22. Mandriva merupakan sebuah distribusi komersial turunan RedHat yang populer dibeberapa negara Eropa dan Brazil. Distribusi Mandriva dikelola oleh perusahaan Perancis dengan nama yang sama, yaitu Mandriva.
    23. Mageia merupakan sebuah distribusi hasil karya komunitas linux yang merupakan cabang dari Mandriva pada tahun 2010.
    24. PCLinuxOS merupakan sebuah distribusi turunan dari Mandriva yang mengkhususkan kepada penggunaan komputer desktop.
    25. Slackware merupakan sebuah distribusi awal yang dirilis pada tahun 1993 serta menjadi salah satu distribusi Linux paling tua hingga kini.
    26. SUSE Linux Enterprise merupakan sebuah distribusi yang dibangun berdasarkan OpenSUSE dan dikelola oleh perusahaan SUSE.
    27. OpenSUSE, distribusi komunitas yang disponsori oleh perusahaan Jerman, SUSE.

Kelebihan Dari Sistem Operasi Linux Bila Dibandingkan Dengan Sistem Operasi Lain, diantaranya :

  1. Linux memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti mengakses file yang tersimpan dalam harddrive ataupun disket. Ketika program dijalankan, program dijalankan dari harddrive kedalam memori RAM & usai dijalankan akan berubah sebagai proses.
  2. Linux menyediakan layanan atau service untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file.
    Linux sudah mendukung struktur file yang bersifat hierarki.
  3. Linux adalah salah satu sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.
  4. Selain multitasking, Linux juga dapat mendukung multiuser yakni sistem operasi yang disaat bersamaan bisa digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem.
  5. Linux juga mendukung multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan memungkinkan lebih satu pengguna masuk kedaam sistem.

Keunggulan Dari Sistem Operasi Linux.
Beberapa hal yang menjadi keunggulan dari sistem operasi Linux antara lain :

  1. Biaya Linux adalah sistem operasi yang terpublikasi tidaklah berbayar alias gratis. Dari segi biaya kepemilikan sangat rendah bila dibanding dengan sistem operasi lainnya.
  2. Stabilitas Linux dikenal memiliki stabilitas yang sangat baik. Hal ini tidaklah lepas dari usaha – usaha diawal-awal pengembangannya yang mengadaptasi arsitektur serta kelebihan – kelebihan pada UNIX bahwa UNIX merupakan sistem operasi yang banyak digunakan pada server yang memerlukan tingkat stabilitas yang tinggi.
  3. Dukungan teknis terhadap sebuah sistem operasi sangatlah penting, dan biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Pada Linux dukungan teknis ini hampir tidak memerlukan biaya sama sekali. Banyak sekali mailing list atau newsgroup yang menyediakannya. Bahkan respons yang diberikan bisa dikatakan sangatlah cepat mengingat anggota-anggota dari mailing list atau newsgroup bisa berasal dari seluruh dunia.
  4. Portabilitas Karena sifatnya yang open source maka Linux dapat dengan cepat dibuatkan versinya untuk mesin – mesin diluar produksi Intel. Dengan demikian portabilitasnya sangatlah tinggi.

Baca juga : Yuk Intip, Tips Menurunkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Bagian-Bagian Pada Sistem Operasi Linux Terdiri Dari :

  1. Kernel Linux : program sistem & beberapa program aplikasi.  Kernel merupakan inti dari sistem operasi yang mengatur penggunaan memori, piranti masukan keluaran, proses-proses, pemakaian file pada file system dan lain-lain. Kernel juga menyediakan sekumpulan layanan yang digunakan untuk mengakses kernel yang disebut system call. System call ini digunakan untuk mengimplementasikan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh sistem operasi. Program sistem dan semua program-program lainnya (aplikasi) yang berjalan di atas kernel disebut user mode. Perbedaan mendasar antara program sistem dan program aplikasi adalah program sistem dibutuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan sedangkan program aplikasi adalah program yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi tertentu. Contohnya daemon merupakan program sistem sedangkan pengolah kata (word processor) disebut program aplikasi.

Terima kasih telah meluangkan waktu membaca informasi yang kami sajikan, yukemari.com salah satu portal berita tepat memenuhi kebutuhanmu dalam mencari referensi informasi, kabar-kabar, berita, tips dan artikel menarik yang sangat up-to-date.

Jangan lupa memberikan komentar, saran positif yang membangun ya. Apabila kalian berminat menjalin partnership dan iklan, silakan kirimkan ketertarikanmu ke email kami di [email protected]

99

* Dapatkan kabar-kabar dan penawaran terupdate

visit-us-yukemari-com-news-portal-uptodate-terkini-in-Indonesia
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu Mau Tau Apa Sih Itu Linux Serta Apa Saja Kekurangan Dan Kelebihan Linux ?? Intip Yuk Ulasan Lengkapnya Disini !!

Mau Dapetin Ragam Kabar Terkini Yukemari ?

Yuk Gabung Di Facebook Fans Page Kami !!

Close
Close

Adblocker Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this:
Thank You. We will contact you as soon as possible.
{social-facebook-like}

Register Now Grand Opening BRP GKM

Grand Opening BRP GKM 25 November 2018

Gebyar Hadiah Ulang Tahun BRP Ballroom ke-11

gebyar-ulang-tahun-brp-ballroom-ke-11-simple-wedding-indonesia-promo-wedding-jakarta-kabar-terbaru-yukemari
Kamu Mau Tau Apa Sih Itu Linux Serta Apa Saja Kekurangan Dan Kelebihan Linux ?? Intip Yuk Ulasan Lengkapnya Disini !! Reviewed by rezaalfianto on . This Is Article About Kamu Mau Tau Apa Sih Itu Linux Serta Apa Saja Kekurangan Dan Kelebihan Linux ?? Intip Yuk Ulasan Lengkapnya Disini !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

                    Jakarta – Yukemari.com Hello Sahabat Yukemaricom, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga tetap sehat dan semangat dalam menjalani aktifitas hari ini. Saat masih duduk dibangku sekolah, masa-masa kuliah hingga kini telah bekerja disebuah perusahaan pastinya kamu sudah tidak asing lagi menggunakan sistem operasi microsoft windows yang berperan membantu menangani proses pengolahan data, membantu proses kelancaran …

Rating: 4