berita-terkinidesktop appsTechno

Kamu Sering Browsing Internet ? Berikut Ini Info Rahasia Pada Web Browser Yang Perlu Kamu Ketahui

Jakarta – Yukemari.com

Hello Sobat Yukemari.com, gimana kabarnya hari ini ? Semoga senantiasa diberikan kesehatan.

Sekarang ini siapa sih yang tidak pernah berselancar ke dunia maya atau internet ? Pasti kalian pernah beberapa kali browsing internet dengan tujuan mencari informasi penting untuk keperluan pekerjaan dan tugas sekolah seperti materi ilmu pengetahuan, artikel, berita, tips-tips, foto, video, aplikasi multimedia. Tidak hanya sebatas mencari informasi penting saja, disamping itu didunia maya bisa juga menjadi media interaksi serta komunikasi antara kamu dengan sahabat-sahabat terbaikmu. Interaksi tersebut dapat kamu tuangkan melalui beragam media sosial yang ada didunia maya seperti facebook, instagram, google plus, twitter, youtube dan lain sebagainya.

Nah ketika kamu hendak berselancar didunia maya tentu tidaklah lepas dari web browser. Web browser adalah suatu aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di World Wide Web. Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URI) termasuk sebuah halaman web, gambar, video, atau bagian lain dari konten web.

Tujuan Web Browser.
Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna. Proses ini dimulai ketika pengguna memasukan sebuah Uniform Resource Identifier (URI), misalnya, http://yukemari.com ke dalam browser.

Sumber yang telah diambil web browser akan ditampilkan. HTML ditampilkan ke mesin tata letak browser, dan akan diubah dari markup ke dokumen interaktif. Selain dari HTML, web browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang menjadi bagian dari suatu halaman web.
Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi Flash dan applet Java. Jika menemui tipe file yang ditetapkan untuk didownload, maka browser akan meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk.

Rincian Web Browser.
Memahami pengertian web browser harus juga memahami tentang rinciannya. Kita semua tahu apa itu web browser seperti yang terlihat, tapi ada baiknya untuk mengetahui rincian lengkap dari berbagai bagian browser web.

Bagian-bagian dari web browser diantaranya:

Status Bar : Ini adalah kotak di bagian bawah jendela browsermu. Status bar menampilkan segala macam informasi, tergantung pada apa yang kamu lakukan pada saat itu. Sebagian besar untuk menunjukkan kecepatan beban dan URL dari alamat yang sedang ditunjuk oleh mouse.

Address Bar : Ini adalah kotak di bagian atas jendela browsermu yang menampilkan seluruh URL atau alamat situs web.

Title Bar : Bar judul ada di bagian paling atas jendela browsermu. Kamu akan melihat judul halaman website disana, misalnya, kamu akan melihat “yukemari.com untuk Indonesia” ketika kamu membuka situs yukemari.com.

Toolbar Ikon : Toolbar dan ikon perusahaan browser yang ada di bagian atas kanan jendela browser Kamu, di bawah Title Bar. Di sinilah kamu akan melihat tombol back, tombol home, tombol refresh, dll.

Display window :  jendela display hanyalah istilah mewah untuk ruang kerja browser Kamu. Ini berupa frame di mana Kamu melihat halaman website.

Scroll Bar : Jika ketika Kamu membuka situs web dan kamu harus “scroll ke bawah” untuk membaca sesuatu, maka kamu telah menggunakan scroll bar.

Baca juga: Download Google Play Store Terbaru v10.6.08

Macam-Macam Web Browser Terkenal & Umum Digunakan, Diantaranya Sebagai Berikut :

Untuk memahami tentang pengertian web browser, berikut adalah beberapa web browser yang tersedia secara free atau gratis yang dapat kamu unduh.

Microsoft Internet Explorer.

Sebagian besar pengguna internet menggunakan Internet Explorer karena mudah digunakan dan sebagian besar situs web yang ditulis dengan Internet Explorer, yang berarti bahwa mereka lebih kompatibel.

Opera.

Opera merupakan browser populer yang mudah digunakan, namun memiliki beberapa masalah kompatibilitas dengan berbagai situs.

Mozilla Firefox.

Firefox adalah web browser yang cukup cepat dalam memperoleh pengguna. Ia berada di belakang Internet Explorer karena memiliki tabbed browsing, fitur keamanan superior, dan akses yang cepat.
Google Chrome. Google Chrome adalah web browser yang dirancang untuk sistem Windows. Ia menawarkan desain minimal dan ‘teknologi canggih’, untuk membuat akses lebih cepat, aman, dan mudah.
Mac Safari. Khusus untuk pengguna Mac, Safari adalah pilihan yang sangat baik untuk sebuah web browser. Safari berkemampuan akses cepat dan kompatibilitas yang baik.

Cara menginstall browser Google Chrome
– Buka situs Google Chrome www.google.com/chrome, lalu klik Download Google Chrome
– Pada halaman ini Kamu bisa baca Persyaratan layanan Google Chrome, setelah itu klik Setuju, lalu Instal
– Klik Run
– Proses unduh Google Installer
– Proses instal Google Chrome dimulai
– Klik Aktifkan Google Chrome
– Impor Bookmark, Sandi, dll dari browser Mozilla Firefox, bila ingin melewati proses ini klik Berhenti mengimpor
– Congratulations, Google Chrome telah terinstal dikomputermu.

Cara Membukanya mudah sekali, dengan cara mengklik dua kali icon google chrome pada desktop.

Opera Mini.

Opera Browser merupakan salah satu web browser yang cukup populer di kalangan pengguna internet di Indonesi dan di dunia. Opera browser merupakan web browser yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Opera, dan faktanya Opera Browser merupakan Browser yang memiliki rating tertinggi diantara browser lainnya. Browser opera ini merupalan browser terbaik dan telah menjadi favorite bagi para user.

Selain di dalam komputer dan juga desktop, kita juga megnenal web browser bernama opera mini dan juga opera mobile, yang merupakan versi simple dan juga sederhana dari sebuah Opera Browser untuk kepentingan smartphone dan juga handphone biasa. Opera Browser memiliki banyak sekali kelebihan, sehingga membuat web browser yang satu ini banyak digunakan oleh user internet di seluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan juga kelebihan dari Opera Browser.

Baca juga: Download Driver TPLINK USB WIFI Adapter Windows PC

Kelebihan Dari Aplikasi Browser Opera

  • Resource memory yang kecil, sehingga ringan dan lebih cepat saat melakukan startup
    Opera browser merupakan salah satu browser dengan resources yang sangat ringan. Mirip seperti google Chrome, Opera menawarkan pengalaman berinternet dengan proses startup yang cepat, serta konsumsi memory yang lebih kecil paabila dibandingkan dengan beberapa jenis browser lainnya.
  • Sangat cocok untuk diaplikasikan dan diinstall pada komputer dengan spesifikasi rendah, termasuk juga sangat cocok untuk diaplikasikan pada telepon genggam yang tidak menggunakan platform java ataupun yang tidak menggunakan sistem operasi. Dengan kelebihan yang satu ini tidak akan mengganggu kinerja komputer yang memiliki spesifikasi rendah, termasuk pada RAM komputernya.
  • Memiliki pilihan untuk menggunakan bahasa Indonesia, dengan kosa kata yang cukup baik.
  • Opera Browser memiliki kelebihan bagi anda yang tidak bisa memahami bahasa inggris dengan baik. Opera browser memiliki pilihan penggunaan bahasa Indonesia dalam pemilihan menu nya, sehingga user tidak perlu bingung mengenai arti dari setiap menu yang terdapat di dalam browser opera.
  • Memiliki kecepatan loading serta proses render cepat dibandingkan dengan browser lain.
  • Salah satu keungguan yang dimilki oleh opera mini adalah kecepatan pengolahan situs, render dan loading yang cepat. Bisa dibandingkan dengan browser – browser lainnya, opera mini merupakan salah satu browser yang cepat, dan memiliki rating tertinggi dari segi utilitas dan fungsi dibandngkan dengan browser lainnya.
  • Memiliki fitur keamanan yang lengkap. Bagi kamu yang membutuhkan rasa aman pada saat melakukan browsing dan surfing internet, maka user bisa menggunakan Opera Browser. Opera Browser memiliki banyak fitur keamanan, termasuk dantaranya adalah proteksi terhadap virus dan malware juga memiliki manajemen penggunaan data yang bisa diatur secara manual.

Pengguna bisa mengatur apakah kamu  akan meloading seluruh halaman situs atau tidak dengan menggunakan Opera Browser. Hal ini juga dapat menjaga keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk browsing serta data-data terkait.

Search Engine atau Mesin Pencarian.

Search engine disebut juga dengan mesin pencarian, dimana sistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Data yang ada pada mesin ini dikumpulkan oleh mereka melalui suatu metoda tertentu, dan diambil dari seluruh server yang dapat mereka akses. Jika dilakukan pencarian melalui search engine ini, maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul di dalam mesin tersebut. Jadi dapat di simpulkan searh engine adalah mesin pelacak atau penelusuran.

Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat kamu mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.

Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah website yang kamu daftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Apabila tidak layak, terpaksa Kamu harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site kamu di search engine tersebut.

Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dan masih bayak lagi. Berbeda dengan web directory yang mengindex halaman website di internet secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine.

Keunggulan directory dibanding search engine adalah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan kualitas yang relatif lebih baik. Tapi karena semua proses dilakukan secara manual (menggunakan editor manusia), jumlah database yang dimiliki bisasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine.

Baca juga: Mau Tau Cara Mengecilkan Ukuran File Menggunakan Aplikasi Winrar ? Begini Caranya !!

Itulah sebabnya sekarang ini banyak perusahaan yang mengelola directory menerapkan sistem ganda, yaitu menggunakan directory + search engine. Contoh nyata adalah Yahoo yang menggandeng Google sebagai search engine default-nya.

Contoh beberapa directory terkenal selain Yahoo adalah Open Directory Project, Looksmart dan NBCi.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu Sering Browsing Internet ? Berikut Ini Info Rahasia Pada Web Browser Yang Perlu Kamu Ketahui

Mau Dapetin Ragam Kabar Terkini Yukemari ?

Yuk Gabung Di Facebook Fans Page Kami !!

Close
Close
%d bloggers like this:
Thank You. We will contact you as soon as possible.
{social-facebook-like}

Register Now Grand Opening BRP GKM

Grand Opening BRP GKM 25 November 2018
Kamu Sering Browsing Internet ? Berikut Ini Info Rahasia Pada Web Browser Yang Perlu Kamu Ketahui Reviewed by rezaalfianto on . This Is Article About Kamu Sering Browsing Internet ? Berikut Ini Info Rahasia Pada Web Browser Yang Perlu Kamu Ketahui

Jakarta – Yukemari.com Hello Sobat Yukemari.com, gimana kabarnya hari ini ? Semoga senantiasa diberikan kesehatan. Sekarang ini siapa sih yang tidak pernah berselancar ke dunia maya atau internet ? Pasti kalian pernah beberapa kali browsing internet dengan tujuan mencari informasi penting untuk keperluan pekerjaan dan tugas sekolah seperti materi ilmu pengetahuan, artikel, berita, tips-tips, foto, …

Rating: 4