Techno

Masih Belum Tau Mengenai Linux CentOS RHEL ? Yuk Simak Ulasannya

Jakarta – Yukemari.com

Hai.. Hai Sahabat Yukemari.com,

kali ini yukemari.com akan mengulas banyak hal nih mengenai OS Linux CentOS.

Pasti dari kalian masih yang belum paham, apa sih OS Linux Centos dan apa saja manfaatnya ?

OS CentOS yang merupakan kepanjangan dari sebuah singkatan Community ENTerprise Operating System adalah salah satu distribusi linux open source sebagai bentuk dari usaha dalam menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Sejarah OS CentOS

Pada mulanya proyek OS CentOS didasari pada bulan Juni tahun 2006, oleh pengembang Tao Linux. Tao Linux pun sebelumnya mengumumkan untuk menghentikan proyek yang dikerjakannya akan tetapi dikemudian waktu menggantinya menjadi CentOS development, sehingga para pengguna Tao Linux seiring berlalu akhirnya mengikuti untuk berpindah menggunakan OS CentOS dengan perintah basicnya yakni “yum-update”.

YUM atau Yellowdog Updater Modified adalah sebuah open-source baris perintah paket-manajemen utilitas untuk sistem operasi Linux menggunakan RPM Package Manager. Yum memungkinkan update otomatis, paket dan manajemen ketergantungan, pada distribusi berbasis RPM. Seperti Package Tool Lanjutan (APT) dari Debian, yum bekerja dengan repositori software (koleksi paket / packages collection), yang dapat diakses secara lokal atau melalui koneksi jaringan.
CentOS sendiri menggunakan GNOME sebagai desktop environment nya yang memiliki type kernel monolitik (linux kernel) dengan metode update menggunakan yum dan paket manager RPM Package Manager.

Umumnya CentOS digunakan sebagai web server, mail server, cloud server atau storage server dan application web service server.

Mengapa bisa demikian ?

CentOS memiliki kelebihan dibandingkan OS manapun, berikut ini keunggulan CentOS:

  1. Mudah dipelihara
  2. Distribusi yang mandiri, maksudnya adalah distribusi ini bisa dikembangkan tanpa bantuan yang lainnya dalam proses pembangunannya
  3. Sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang, terutama untuk lingkungan produksi bukan eksperimental dan lainnya
  4. Mudah digunakan bagi pemelihara paket software dan para pengguna
  5. Support jangka panjang dari para developernya
  6. Pengembangan yang aktif
  7. Infrastruktur berbasis komunitas
  8. Management yang terbuka
  9. Model bisnis yang terbuka
  10. Dukungan komersial, diberikan oleh vendor-vendor partner

CentOS atau Community ENTerprise Operating System adalah sebuah distro Linux berorientasi server yang didasarkan pada RHEL (Red Hat Enterprise Linux). CentOS dibuat oleh North American Enterprise Linux. Namun berbeda dengan turunan Linux lainnya, CentOS merupakan copian dari RHEL 99%.
Kenapa ? Sebab CentOS hanya membuang label RedHat dan diganti dengan label generic. Sehingga isi dari program CentOS sama dengan RHEL. Drivers yang jalan di RHEL otomatis jalan juga di CentOS.

Meskipun keberadaan CentOS sangat tergantung pada Red Hat namun hal ini justru memberikan nilai tambah, karena Red Hat merupakan satu-satunya distro komersial Linux yang dipakai secara luas di perusahaan besar dan satu-satunya distro Linux yang didukung oleh CPanel (CPanel adalah kontrol panel terbanyak dipakai oleh perusahaan hosting, hampir 100% hosting menggunakan CPanel). Karena merupakan copian RHEL maka CentOS juga didukung secara resmi oleh CPanel.

Kelebihan CentOS yakni :

  1. CentOS sangat kompatibel dengan RedHat.
  2. Merupakan OS Freeware yang sangat handal untuk skala Enterpise.
  3. Merupakan satu-satunya OS Freeware yang didukung resmi oleh CPanel.
  4. CentOS kompatibel dengan RHEL sehingga drivers RHEL dapat dipakai oleh CentOS.

Kekurangan CentOS adalah :

  1. Tergantung pada distro Red Hat. Karena itu CentOS selalu keluar setelah Red Hat.
    Kata “Enterprise” membuat pemula takut dan memilih Fedora.
  2. Penampilan website CentOS yang kurang menarik (CentOS Indonesia sedang mengupayakan untuk mengupdate website CentOS.org agar tampil menarik).
  3. Kurangnya dokumentasi mengenai CentOS secara khusus.

Jika ingin lebih tahu mengenai Centos bisa dilihat di website resminya https://www.centos.org/.

Apabila ingin mengunduh OS CentOS beserta packagesnya klik disini : https://wiki.centos.org/Download
atau http://isoredirect.centos.org/centos/7/isos/x86_64/CentOS-7-x86_64-Everything-1708.iso

Ingin mendapatkan informasi-informasi lengkap, terbaru dan bermanfaat ? Yuk ikuti terus berita terkini dari http://yukemari.com ya.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca berita terkini dari yukemari.com

Tags

Masih Belum Tau Mengenai Linux CentOS RHEL ? Yuk Simak Ulasannya

Mau Dapetin Ragam Kabar Terkini Yukemari ?

Yuk Gabung Di Facebook Fans Page Kami !!

Close
Close
%d bloggers like this:
Thank You. We will contact you as soon as possible.
{social-facebook-like}

Register Now Grand Opening BRP GKM

Grand Opening BRP GKM 25 November 2018
Masih Belum Tau Mengenai Linux CentOS RHEL ? Yuk Simak Ulasannya Reviewed by rezaalfianto on . This Is Article About Masih Belum Tau Mengenai Linux CentOS RHEL ? Yuk Simak Ulasannya

Jakarta – Yukemari.com Hai.. Hai Sahabat Yukemari.com, kali ini yukemari.com akan mengulas banyak hal nih mengenai OS Linux CentOS. Pasti dari kalian masih yang belum paham, apa sih OS Linux Centos dan apa saja manfaatnya ? OS CentOS yang merupakan kepanjangan dari sebuah singkatan Community ENTerprise Operating System adalah salah satu distribusi linux open source …

Rating: 5