EnsiklopediaKabar Terkininasional
Sedang Trend

Selamat Hari Pramuka Ke 58, Hari Ini Ramai Diperbicangkan di Jagat Pengguna Media Sosial

Jakarta – Yukemari.com

Hello Sahabat Yukemaricom semuanya!! Semoga tetap semangat dan diberikan kesehatan selalu ya.

Nah tentu diantara kalian yang aktif sebagai pengguna sosial media seperti halnya twitter bertanya-tanya ya dalam hati, kenapa sih pada hari ini Pramuka menjadi perbincangan hangat netizen di jagat media sosial terutama di twitter yang masuk dalam trending topic??

Nah perlu sahabat Yukemari.com ketahui bahwa pada hari ini tepatnya setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari Pramuka.  Pramuka sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang dibentuk pada tahun 1961.

Sejarah awal dari Pramuka yaitu pada tahun 1961, Presiden Soekarno menginstruksikan agar dilakukan penggabungan seluruh organisasi kepanduan dalam satu wadah. Tujuan dari instruksi Presiden Soekarno yang juga sebagai Presiden pertama Indonesia  adalah untuk menyatukan berbagai organisasi gerakan pemuda yang ada di Indonesia.

Untuk mewujudkannya maka dibentuklah sebuah panitia yang terdiri dari beberapa tokoh Nasional diantaranya Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Prof. Dr. Prijono, Achmadi, Moeljadi Djojomartono dan Dr. Azis Saleh.

Lambang Gerakan Pramuka diciptakan oleh Bapak R.Soenardjo Atmodipurwo. Bapak R.Soenardjo Atmodipurwo merupakan seorang pembina pramuka yang sangat aktif yang juga bekerja sebagai pegawai tinggi di Departemen Pertanian Republik Indonesia. Karena aktif di bidang pertanian maka ia sangat terinspirasi oleh pohon kelapa yang setiap bagian tubuhnya dikenal memiliki banyak manfaat yang dapat digunakan oleh manusia.

Selama ini yang kita ketahui pencipta lambang Gerakan Pramuka dikenal dengan nama Sunarjo Atmodipuro. Namun, berdasarkan informasi yang tertulis di batu nisan, beliau memiliki nama yang benar adalah R.Soenardjo Atmodipoerwo (menggunakan ejaan lama).

Lambang ini pertama kali dipergunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961, ketika Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno menganugerahkan Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia pada organisasi Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 tahun 1961.

Lambang Pramuka berbentuk silhouette atau seringkali disebut dengan bayangan tunas kelapa. Penjelasan mengenai arti lambang pramuka ini telah ditetapkan dalam keputusan Kwarnas Nomor 06/KN/72 tentang arti lambang pramuka yang telah mendapatkan hak paten.

Hak paten itu tersebut bersumber dari Dirjen Hukum Perundangan-undangan Departeman Kehakiman, dengan Ketetapan Nomor 176634 tanggal 22 Oktober 1983, serta Nomor 178518 tanggal 18 Oktober 1983, tentang Hak Paten Gambar “TUNAS KELAPA” yang dilingkari PADI serta KAPAS, dan No. 176517 pada tanggal 22 Oktober 1983 mengenai Hak Paten tulisan PRAMUKA.

Sekian informasi terkini yang dapat yukemari.com sampaikan, terima kasih telah meluangkan waktu membaca informasi yang kami sajikan, yukemari.com salah satu portal berita tepat memenuhi kebutuhanmu dalam mencari referensi informasi, kabar-kabar, berita, tips dan artikel menarik yang sangat up-to-date.

Jangan lupa memberikan komentar, saran positif yang membangun ya. Apabila kalian berminat menjalin partnership dan iklan, silakan kirimkan ketertarikanmu ke email kami di [email protected]

Leave your vote

5 points
Upvote Downvote

0%

User Rating: 4.5 ( 1 votes)
Tags
Tunjukkan Selebihnya

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

X
Close

Adblocker Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
X
Pameran-Pernikahan-Simple-Wedding-Fair-by-Simple-Wedding-Indonesia-BRP-Ballroom

Simple Wedding Fair III

31 Agustus-01 September 2019

Info Selengkapnya