berita-terkiniKabar DaerahkolomLife StyleLifestyleMotivationnasionalramadhan

Yuk Kenali Keutamaan-Keutamaan Tahun Baru Islam 1 Muharram

Jakarta – Yukemari.com

Hello Sahabat Yukemari, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga selalu semangat.

Oiya Sahabat, sudah tau kan jika tanggal 11 September 2018 ini adalah tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah. Kami ingin mengulas singkat mengenai tahun baru Islam 1 Muharram, bahwa tiap tanggal 1 Muharram kaum Muslim merayakan Tahun Baru Hijriyah.Umumnya, umat Islam mengadakan pengajian, tablig akbar, ceramah, juga “pawai obor” yang biasanya melibatkan anak-anak.
Setiap memasuki tahun baru Islam, kaum Muslim hendaknya memiliki semangat baru untuk merancang dan melaksanakan hidup ini secara lebih baik.
Peristiwa Hijrah umat Islam dari Makkah hingga menuju Madinah tidaklah sekedar mengandung nilai sejarah dan strategi perjuangan, akan tetapi mengandung pula nilai-nilai dan pelajaran berharga bagi perbaikan kehidupan umat secara pribadi dan kejayaan kaum Muslim pada umumnya.
Sehingga dalam memaknai tahun baru Islam ini, kita sebagai umat Islam menggali kembali hikmah yang terkandung di balik peristiwa hijrah yang dijadikan momentum awal perhitungan Tahun Hijriyah.
Yang kami kutip juga dari risalahislam.com, bahwa terdapat keutamaan-keutamaan Tahun Hijriyah, diantaranya:
Tahun hijriyah mulai diberlakukan pada masa Khalifah Umar bin Khattab. Sistem penanggalan Islam itu tidak mengambil nama ‘Tahun Muhammad’ atau ‘Tahun Umar’. Artinya, tidak mengandung unsur pemujaan seseorang atau penonjolan personifikasi, tidak seperti sistem penanggalan Tahun Masehi yang diambil dari gelar Nabi Isa, Al-Masih (Arab) atau Messiah (Ibrani).
Penetapan nama Tahun Hijriyah (al-Sanah al-Hijriyah) merupakan kebijaksanaan Khalifah Umar bin Khattab.
Seandainya Khalifah Umar berambisi untuk mengabadikan namanya dengan menamakan penanggalan itu dengan “Tahun Umar” sangatlah mudah baginya melakukan itu. Umar tidak mementingkan keharuman namanya atau membanggakan dirinya sebagai pencetus ide sistem penanggalaan Islam itu.
Umar malah menjadikan penanggalan itu sebagai jaman baru pengembangan Islam, karena penanggalan itu mengandung makna spiritual dan nilai historis yang amat tinggi harganya bagi agama dan umat Islam.
Selain Umar, orang yang berjasa dalam penanggalan Tahun Hijriyah adalah Ali bin Abi Thalib. Keponakan Rasulullah Saw inilah yang mencetuskan pemikiran agar penanggalan Islam dimulai penghitungannya dari peristiwa hijrah, saat umat Islam meninggalkan Makkah menuju Yatsrib (Madinah).
Dalam buku Kebangkitan Islam dalam Pembahasan (1979) yang ditulis oleh Sidi Gazalba,dijelaskan:
‘Dipandang dari ilmu strategi, hijrah merupakan taktik. Strategi yang hendak dicapai adalah mengembangkan iman dan mempertahankan kaum mukminin.
Jadi, setiap pergantian Tahun Hijriyah, sebenarnya merupakan momentum merekatkan solidaritas sesama Muslim.
Kita harus menegakkan bahwa sesama mukmin itu saudara, bagaikan satu bangunan yang saling menguatkan.

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara” (Qs Al-Hujarat 10).

“Orang Mukmin satu dengan yang lainnya seperti sebuah bangunan, satu sama lain saling menguatkan” HR. Bukhari dan Muslim].

“Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya segala apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri berupa kebaikan”. [HR al-Bukhari dan Muslim].

“Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam”. [HR Bukhari, Muslim, Ahmad].

Semoga kita memahami sejarah tahun baru Islam dengan benar, menyikapinya dengan benar, juga mampu menggali maknanya dengan benar pula hingga mampu memicu semangat hijrah dalam diri, menuju iman, ilmu, dan amal yang lebih baik.
Terus simak kabar-kabar berita up-to-date lainnya ya hanya di www.yukemari.com

* Dapatkan kabar-kabar dan penawaran terupdate

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Kenali Keutamaan-Keutamaan Tahun Baru Islam 1 Muharram

Mau Dapetin Ragam Kabar Terkini Yukemari ?

Yuk Gabung Di Facebook Fans Page Kami !!

Close
Close
%d bloggers like this:
Thank You. We will contact you as soon as possible.
{social-facebook-like}
Yuk Kenali Keutamaan-Keutamaan Tahun Baru Islam 1 Muharram Reviewed by rezaalfianto on . This Is Article About Yuk Kenali Keutamaan-Keutamaan Tahun Baru Islam 1 Muharram

Jakarta – Yukemari.com Hello Sahabat Yukemari, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga selalu semangat. Oiya Sahabat, sudah tau kan jika tanggal 11 September 2018 ini adalah tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah. Kami ingin mengulas singkat mengenai tahun baru Islam 1 Muharram, bahwa tiap tanggal 1 Muharram kaum Muslim merayakan Tahun Baru Hijriyah.Umumnya, umat …

Rating: 4