berita-terkiniEnsiklopediaEntertainmentKabar DaerahnasionalTips WisataTravel

Yuk Simak, Ini Lokasi Tujuan Favorit Pendaki Di Gunung Semeru

Jakarta – Yukemari.com

Hello Sahabat Yukemari.com, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga selalu semangat ya..

Kali ini Yukemari akan mengulas secara singkat nih seputar keindahan yang ada di Gunung Semeru, Jawa Timur.

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut yang terletak di Kabupaten Malang & Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur – Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut.

Dengan posisi antara 8°06′ LS dan 120°55′ Bujur Timur . Gunung Semeru memiliki puncak ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Mahameru adalah sebutan untuk puncaknya dan Jonggring Saloko adalah nama kawahnya.

Gunung Semeru adalah gunung jenis stratovolcano aktiv yang berada didalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Kawasan ini berada dilahan seluas 50.273,3 Hektar. selain keindahan panorama alamnya, taman nasional ini juga kaya akan budaya (suku tengger). Inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Nah, salah satu tujuan favorit pendaki di Indonesia adalah Gunung Semeru (3.676 mdpl) berada diperbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Gunung dengan puncak tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki panorama alam yang menakjubkan. Karenanya, banyak pendaki yang ingin mencapai puncaknya.

Untuk mendaki Semeru, bagi pendaki luar kota biasanya akan ke Malang menggunakan kereta api dengan tujuan Stasiun Kota Baru Malang. Banyaknya pendaki yang menggunakan alat transportasi kereta api menjadikan stasiun ini selalu penuh pendaki tiap akhir pekan.

Dari stasiun, pada pendaki meneruskan perjalanan ke Tumpang di Malang. Ini tempat para pendaki melakukan persiapan terakhir sebelum pendakian ke Semeru.

Baca juga: Saat Asian Games 2018, 34 Sekolah di DKI Jakarta Akan Diliburkan

Selama pendakian, para pendaki akan disuguh panorama alam yang menakjubkan. Ada beberapa tempat yang paling populer di Semeru karena keindahannya.

Well, berikut ini spot-spot terpopuler dan terfavorit bagi para pendaki :

1. Ranu Kumbolo.

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau air tawar yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Danau ini mempunyai luas area sekitar 15 hektar. Bagi para pendaki, Ranu Kumbolo adalah tempat yang tidak asing lagi, di tempat ini pemandangannya yang begitu indah. Danau ini merupakan tempat transit bagi mereka yang akan melanjutkan perjalanan untuk mendaki puncak Mahameru di Gunung Semeru.

2. Oro-oro Ombo.

Oro-oro Ombo, salah satu lokasi favorit pendaki untuk berfoto dalam mengenang moment-moment indah. Di tempat ini pendaki disuguhkan oleh pemandangan yang menarik berupa padang savana yang sangat luas. Uniknya, padang savana ini pada musim tertentu akan tampak berwarna ungu karena bunga lavender yang bermekaran. Tempatnya bagus kan untuk berfoto.

3. Tanjakan Cinta.

Tanjakan Cinta merupakan jalan setapak menuju bukit, dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Letaknya tepat setelah Ranu Kumbolo menuju Oro-oro Ombo. Ketika melewati Tanjakan Cinta, pendaki diimbau untuk tidak menoleh ke belakang. Apabila kamu menoleh, cerita yang beredar dimasyarakat sekitar nantinya hubungan asmaramu dengan sang kekasih akan berakhir lho.

Baca juga: Polisi Berencana Usut Peran Indonesia Juara Terkait Terbakarnya Padang Savana Gili Lawa NTT

4. Ranu Pani.

Ranu Pani adalah sebuah danau di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pani sebagai bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Ditempat inilah titik awal kamu melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Perizinan pendakian terdapat di Pos Ranu Pani, yang telah pernah ke Semeru tentunya mengetahui.

5. Kalimati.

Nah yang ini adalah tempat spesial karena keindahannya. Kalimati merupakan lokasi transit para pendaki sebelum menuju puncak Semeru atau Summit Attack. Kalimati berasal dari nama sebuah sungai/kali yang tidak berair. Aliran air hanya terjadi apabila musim hujan, aliran menyatu dengan aliran lahar Semeru. Daerah ini merupakan padang rumput dengan tumbuhan semak dan hamparan bunga edelweis dengan luasnya sekitar 20 hektar.

6. Arcapada.

Arcapada merupakan titik sebelum menuju puncak Semeru. Kata Arcaphada berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti tempat arca. Ini merupakan arca yang berada di tempat tertinggi di Jawa.

Arcopodo sendiri pertama kali ditemukan oleh alm. Norman Edwin dan Herman O Lantang, Mapala Universitas Indonesia tahun 1984. Dua tahun setelahnya, Norman kembali mendatangi dua Arca itu dan menuliskan temuannya di majalah Swara Alam pada tahun 1986. setelah itu Arcapodo tidak diketahui lagi keberadaanya, seolah Arca itu telah menghilang secara misterius dan menjadi mitos dikalangan pendaki.

Barulah pada bulan November tahun 2011 Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas melakukan penelusuran untuk membuktikaan keberadaan Arca yang dianggap telah menghilang lebih dari 25 tahun itu. Hasilnya, Arcopodo yang dianggap hilang secara misterius itu ternyata tidak pernah hilang.

Arca itu tetap berada ditempatnya sama saat almarhum Norman Edwin dan Herman O Lantang menemukanya. Lalu mengapa Arca ini dianggap menghilang selama beberapa tahun? Dan mengapa di Pos Arcopodo yang sekarang pendaki tidak pernah menjumpai Arca ini?

Arca dianggap menghilang setelah di publikasikan keberadaanya di majalah Swara Alam tahun 1986 karena memang tidak ada pendaki lain yang mempublikasikan atau mendokumentasikanya lagi setelah itu. Menurut penduduk sekitar, pada tahun 80an jalur pendakian ke puncak Mahameru memang dirubah ke jalur pendakian (baru) seperti sekarang ini, perubahan jalur itu sangat mungkin dan beralasan.

Ada dua alasan utama perubahan jalur tersebut diantaranya pertama, perubahan jalur dilakukan untuk melindungi keberadaan ke dua Arca tersebut dari tangan orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Kedua, terjadi kerusakan jalur pada saat itu karena adanya perubahan kondisi alam. Ini dapat dibuktikan dengan sulitnya medan yang ditempuh oleh tim Ekspedisi Cincin Api Kompas dalam tulisanya saat melakukan penulusuran tahun 2011 lalu.

Mengapa ada Arca (Arcopodo) digunung Semeru? Apa makna dari Arcopodo? Secara umum Arca adalah patung yang merupakan bagian dari tempat suci umat Hindu. Patung ini memiliki tempat yang penting. Bahkan jauh sebelum Hindu dan Budha masuk ke Nusantara (Indonesia) saat animisme dan dinamisme masih menjadi kepercayaan suku-suku di Indonesia.

Patung itu memiliki peran penting terhadap upacara pemujaan roh – roh nenek moyang. Patung digunakan sebagai wadah penghubung atau tempat menampung roh yang “diundang”. Karena Semeru adalah gunung suci. Maka pantaslah jika ada Arca di gunung ini. Hanya sedikit pendaki yang beruntung bisa menemukan arca ini.

7. Puncak Mahameru.

Puncak Semeru yang umumnya sangat diinginkan dituju oleh pendaki yakni Puncak Mahameru. Dari puncak ini akan terlihat kawah yang disebut “Jonggring Saloko” dan yang uniknya setiap 10-15 menit sekali menyemburkan batuan vulkanis dengan didahului asap yang membumbung tinggi. Tidak sedikit para pendaki bersujud syukur telah sampai menginjakkan kaki di puncak tertinggi di Pulau Jawa ini.

Baca juga: Hore, Satelit Merah Putih Telkom Resmi Diluncurkan !!

Gunung Semeru, Keindahan, Sejarah, Legenda dan Cerita. Sesuai judul mungkin bisa memberikan kamu sedikit gambaran jika kamu ingin atau berencana melakukan pendakian ke gunung Semeru. Sebelumnya perlu dicatat Semeru adalah Gunung Suci, jadi jaga setiap lisan, perbuatan dan kelestarian (sampah) kamu saat mendaki. Alam memiliki cara sendiri untuk merespons perbuatan manusia.

Jadi buat kamu yang berencana untuk melakukan pendakian ke Gunung Semeru – Jawa Timur, jangan lewatkan meluangkan waktu untuk dapat mencapai spot-spot cantik dan menarik tadi. Semoga bisa membantu rencana pendakianmu ya.

Terus simak kabar-kabar yang up-to-date lainnya di www.yukemari.com.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi terkini di link — berita lainnya —

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Dapetin Ragam Kabar Terkini Yukemari ?

Yuk Gabung Di Facebook Fans Page Kami !!

Close
Close
%d bloggers like this:
Thank You. We will contact you as soon as possible.
{social-facebook-like}

Yuk Simak, Ini Lokasi Tujuan Favorit Pendaki Di Gunung Semeru

Yuk Simak, Ini Lokasi Tujuan Favorit Pendaki Di Gunung Semeru Reviewed by rezaalfianto on . This Is Article About Yuk Simak, Ini Lokasi Tujuan Favorit Pendaki Di Gunung Semeru

Jakarta – Yukemari.com Hello Sahabat Yukemari.com, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga selalu semangat ya.. Kali ini Yukemari akan mengulas secara singkat nih seputar keindahan yang ada di Gunung Semeru, Jawa Timur. Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut yang terletak di Kabupaten Malang & Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur – Indonesia. …

Rating: 5