Berita TerkiniEnsiklopedia

Tradisi-Tradisi Unik Dalam Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia, Apa Saja Sih?

Jakarta – Yukemari.com

Hello Sahabat Yukemari.com semuanya!! Semoga tetap semangat dan diberikan kesehatan selalu ya.

Perlu sahabat Yukemari.com ketahui bahwa pada tanggal 17 Agustus 2020 akan menjadi hari yang sangat spesial bagi bangsa dan rakyat Indonesia. Tepat di tanggal 17 Agustus 2020 mendatang diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun.

Umumnya di setiap daerah tentunya dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun  memiliki tradisi yang khas dan unik dalam merayakannya. Mulai dari berbagai lomba di tingkat RT/RW hingga kabupaten atau provinsi. Tidak hanya balap karung atau lomba makan kerupuk saja namun pawai budaya dan atraksi unik pun turut dipertunjukkan.

Apa saja sih tradisi-tradisi unik khas 17 Agustus-an di daerah di Indonesia? Berikut ini ulasannya:

  • Kepulauan Riau

Pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tahun lalu warga kepulauan Riau melakukan perlombaan dengan cara membuat minatur perahu layar dan melukisnya dengan warna-warni ceria. Perahu ini disebut dengan perahu jong. Perahu Jong dilombakan dengan memanfaatkan tenaga angin.

  • Telok Abang di Palembang

Dalam bahasa Palembang, ‘telok’ artinya telur, sedangkan ‘abang’ berarti merah. Telok abang adalah telur rebus yang berwarna merah. Tradisi telok abang sudah turun-temurun berlangsung sejak zaman kolonial Belanda. Seiring perkembangan zaman, tradisi telok abang dilakukan setiap merayakan HUT RI. Telur-telur ini biasanya ditancapkan pada miniatur perahu, pesawat terbang, atau mobil-mobilan. Penjual Telok Abang umumnya mulai berdagang beberapa hari menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

  • Estafet Obor, Semarang.

Tradisi lomba lari tujuh belasan ini yang telah dilakukan sejak puluhan tahun lalu ini diikuti oleh seluruh lapisan warga, mulai dari pemimpin daerah setempat, anak muda, hingga atlet terbaik di Kota Semarang. Obor dijadikan simbol semangat untuk meneladani perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Lari obor estafet terlaksana pada malam hari di tanggal 17 Agustus 2019 silam.

  • Turnamen Bola Dengan Sarung di Makassar.

Berbeda dengan pertandingan bola pada umumnya, kali ini anak-anak di daerah Mappanyukki menyambut hari kemerdekaan RI dengan bertanding sepak bola. Uniknya adalah mereka menggunakan sarung ketika bertanding. Hal ini tentu membuat gerak tubuh menjadi sulit, namun lebih seru dan menantang. Kegiatan ini juga diselenggarakan sebagai  ajang silahturahmi bagi masyarakat setempat.

  • Lomba Pacuan Kuda di Aceh Tengah

Tradisi 17 Agustus 2019 silam dilakukan oleh warga Aceh Tengah, seperti daerah Gayo, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Warga akan menyelengarakan lomba pacuan kuda dalam rangka merayakan HUT RI. Konon, tradisi ini sudah ada sejak zaman kolonial.

Sekian informasi terkini yang dapat yukemari.com sampaikan, terima kasih telah meluangkan waktu membaca informasi yang kami sajikan, yukemari.com salah satu portal berita tepat memenuhi kebutuhanmu dalam mencari referensi informasi, kabar-kabar, berita, tips dan artikel menarik yang sangat up-to-date.

Jangan lupa memberikan komentar, saran positif yang membangun ya. Apabila kalian berminat menjalin partnership dan iklan, silakan kirimkan ketertarikanmu ke email kami di [email protected]

Tradisi-Tradisi Unik Dalam Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia, Apa Saja Sih?

Tradisi-Tradisi Unik Dalam Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia, Apa Saja Sih?

User Rating: Be the first one !
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
 

Silakan matikan adblocker yang terpasang pada perangkat Anda.

Silakan matikan adblocker yang terpasang pada perangkat Anda agar dapat menikmati sensasi menarik dari Yukemari.com