Berita Nasional Dalam NegeriBerita TerkiniBreaking NewsTechnoTechno Tips

Penasaran Ingin Mengecek Keamanan Akun Tokopedia dan Akun-Akunmu Lainnya? Begini Lho Caranya!!

Jakarta – Yukemari.com

Kabar adanya 91 juta akun Tokopedia yang bocor hingga dijual membuat sejumlah pengguna marketplace terbesar di Indonesia tersebut resah. Bukan tanpa alasan, karena di dalam marketplace tersebut aktifitas transaksi jual-beli bisa dikatakan intensitasnya cukup ramai, hal itulah yang membuat sejumlah pengguna resah apabila terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Adapun kronologi lengkap diretasnya sejumlah akun pengguna Tokopedia tersebut bermula ketika seorang peretas dengan akun Whysodank pertama kali mempublikasikan hasil peretasan di Raid Forum pada Sabtu (02/05/2020). Peretasan tersebut telah dilakukan sebulan yang lalu, tepatnya dilakukan pada tanggal 20 Maret 2020.

Kemudian, akun @underthebreach sore harinya pukul 16:15 WIB mempublikasikan postingannya di twitter mengenai peretasan dan mengaku sebagai layanan pengawasan dan pencegahan kebocoran data asal Israel. Postingan atau cuitan itupun disampaikan sembari mencolek akun resmi Tokopedia di Twitter.

Pada screenshot yang dibagikannya di media sosial disebutkan bila sang peretas masih harus memecahkan algoritma untuk membuka keamanan hash dari password para pengguna Tokopedia tersebut. Peretas pun meminta bantuan peretas lain untuk membuka kunci algoritma itu. Screenshot berikutnya, akun sang pembocor informasi tersebut pun juga menyertakan separuh akun pengguna yang bisa dibuka melalui sebuah situs. Terlihat nama pengguna, alamat email dan nomor telepon pengguna muncul di situs.

Berkaitan dengan kasus yang dialami oleh Tokopedia, dengan cepat pihak Tokopedia melakukan investigasi terhadap isu keamanan yang beredar luas di jejaring sosial. Pihak Tokopedia pun memberikan himbauan kepada semua penggunanya untuk mengganti password akun secara berkala demi keamanan dan kenyamanan.

Karena itu, bila Anda merupakan salah satu pengguna Tokopedia, disarankan agar segera mengamankan akun dengan cara mengganti password ataupun mengganti alamat email yang difungsikan sebagai penerima notifikasi keamanan. Selain itu Anda sebagai salah seorang pengguna juga bisa menerapkan keamanan tambahan termasuk penggunaan OTP yang dapat diakses secara real time.

Untuk melakukan pengecekan keamanan keseluruhan akun yang Anda miliki, Anda bisa mengeceknya melalui situs web berikut ini.

Demikianlah kabar berita dan tips-tips yang dapat kami sampaikan kali ini, semoga informasi dari kami bermanfaat buat sahabat Yukemaricom dimanapun berada.

Bila Anda ingin ikut memantau perkembangan virus corona (COVID-19) secara realtime, Anda dapat mengaksesnya di halaman web resmi di bawah ini:

Jangan lupa follow sekarang juga ya akun sosial media Yukemaricom.

Penasaran Ingin Mengecek Keamanan Akun Tokopedia dan Akun-Akunmu Lainnya? Begini Lho Caranya!!

Penasaran Ingin Mengecek Keamanan Akun Tokopedia dan Akun-Akunmu Lainnya? Begini Lho Caranya!!

User Rating: 4.7 ( 1 votes)
Data Realtime Penyebaran Covid-19 di Indonesia
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
 
Close

Silakan matikan adblocker yang terpasang pada perangkat Anda.

Silakan matikan adblocker yang terpasang pada perangkat Anda agar dapat menikmati sensasi menarik dari Yukemari.com