Berita Nasional Dalam NegeriBerita TerkiniBreaking NewsInfo Daerah

Simak Rincian Passing Grade Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK Guru dan Non-Guru 2021

Jakarta – Yukemari.com

Saat ini, para peserta seleksi PPPK Guru sedang bersiap menghadapi Seleksi Kompetensi PPPK. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah resmi menetapkan nilai ambang batas atau passing grade untuk tes Seleksi Kompetensi PPPK Jabatan Fungsional (disingkat JF) Guru 2021. Seleksi Kompetensi PPPK tahun 2021 ini pun nantinya terdiri dari Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan Wawancara.

Adapun Seleksi Kompetensi PPPK Guru akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) UNBK yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang telah menetapkan nilai ambang batas atau passing grade seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jabatan Fungsional Guru dan Jabatan Fungsional Non-Guru. Nilai ambang batas ini diketahui akan menjadi nilai minimum yang wajib dicapai peserta ketika ujian seleksi kompetensi.

Berikut rincian nilai ambang batas untuk seleksi PPPK Guru dan PPPK Non-Guru:

PPPK Guru.
Berdasarkan informasi yang dilansir Badan Kepegawaian Negara (BKN), berikut rincian tes bagi peserta Seleksi Kompetensi PPPK Guru terdiri dari:

  • Kompetensi teknis (100 butir soal),
  • Kompetensi manajerial (25 butir soal),
  • Kompetensi sosial kultural (20 butir soal),
  • Wawancara (10 butir soal).

Bobot Nilai.

  • Untuk kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural digabungkan 40 menit dengan soal masing-masing 25 butir dan 20 butir. Nilai ambang batas untuk seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural sebesar 130, dengan nilai kumulatifnya maksimal 200. Bobot nilai manajerial menjawab yang paling sesuai adalah 4, kurang sesuai adalah 3, 2 dan 1, kemudian kalau tidak menjawab adalah nol itu untuk manajerial. Untuk kultural gradasinya 5, menjawab yang paling sesuai adalah 5, 4, 3, 2 dan 1 kalau tidak menjawab adalah nol.
  • Untuk kompetensi teknis durasi 10 menit dengan 100 butir soal dan bobot nilai 5 serta nilai maksimal 500.
  • Adapun untuk tes wawancara selama 10 menit dengan 10 butir soal dan nilai maksimal 40. Jadi total durasi 170 menit dengan 155 butir soal dan nilai maksimal 740. Selanjutnya untuk penyandang disabilitas sensorik netra diberikan waktu 150 menit untuk kompetensi teknis, 55 menit untuk manajerial dan kultural, wawancara 15 menit sehingga total 220 menit.

Sementara, seleksi teknis, mempunyai nilai ambang batas yang berbeda pada masing-masing jabatan fungsional dan nilai ambang batas seleksi guru berbeda-beda setiap mata pelajaran, misalnya guru kelas satuan pendidikan TK nilai ambang batas 290 beda dengan guru kelas mata pelajaran di satuan pendidikan SD nilai ambang batasnya 320.

jadwal-pelaksanaan-ujian-seleksi-pppk-guru-republik-indonesia-2021
Jadwal Pelaksanaan Ujian Seleksi PPPK Guru tahun 2021

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) juga menetapkan nilai ambang batas bagi seleksi PPPK Jabatan Fungsional (JF) Non Guru. Materi yang akan diujikan untuk PPPK JF tidak berbeda jauh dengan yang akan diujikan untuk PPPK Guru. Terkait wawancara peserta akan dinilai integritas dan moralitas.

alur-seleksi-pppk-guru-republik-indonesia-2021
Informasi Alur Seleksi PPPK Guru Tahun 2021

 

Pelaksanaan seleksi kompetensi teknis PPPK JF Non Guru dilaksanakan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Mengenai jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK JF masih belum diketahui dan akan diinformasikan di waktu mendatang.

(Dihimpun dari https://gurupppk.kemdikbud.go.id/webpppk dan dari berbagai sumber lainnya)

Summary
Simak Rincian Passing Grade Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK Guru dan Non-Guru 2021
Article Name
Simak Rincian Passing Grade Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK Guru dan Non-Guru 2021
Description
Seleksi Kompetensi PPPK Guru akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) UNBK diselenggarakan oleh Kemenpan RB yang menetapkan nilai passing grade
Author
Publisher Name
Yukemari.com
Publisher Logo
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
 

Silakan matikan adblocker yang terpasang pada perangkat Anda.

Silakan matikan adblocker yang terpasang pada perangkat Anda agar dapat menikmati sensasi menarik dari Yukemari.com