Breaking News

13 Oktober Hari Apa Sih? Adanya Peringatan No Bra Day Hingga Hari Trombosis Sedunia

Jakarta – Yukemari.com

Tanggal 13 Oktober yang jatuh pada hari ini menjadi peringatan penting bagi masyarakat nasional dan internasional. Tanggal 13 Oktober ini diperingati sebagai Hari Tanpa Bra atau No Bra Day. Selain itu, di tanggal 13 Oktober terdapat beberapa momen penting lainnya. Berikut beberapa daftar peringatan yang jatuh pada 13 Oktober, seperti melansir dari National Today, Jumat (13/10/2023).

1. No Bra Day atau Hari Tanpa Bra.
Setiap tanggal 13 Oktober diperingati sebagai No Bra Day atau Hari Tanpa Bra khususnya di Amerika Serikat. Momen ini membantu mengingatkan masyarakat bahwa kanker payudara adalah penyakit yang berpotensi fatal, namun juga sangat mudah dideteksi dan diobati.

Selain itu, Hari tanpa bra adalah tentang belajar mengenali tanda-tanda peringatan dini dan mendapatkan keunggulan dalam memerangi kanker.

Asal usul No Bra Day dapat ditelusuri kembali ke dua hari dalam sejarah: 9 Juli 2011 dan 19 Oktober 2011. Hari Tanpa Bra Nasional didirikan di Toronto, Kanada dan awalnya diberi nama Hari BRA oleh Dr. Mitchell Brown.
BRA (Breast Reconstruction – An Event of Learning and Sharing) diperingati untuk meningkatkan kesadaran bagi perempuan yang menjalani mastektomi dan mendorong pemeriksaan mandiri.

2. Hari Peduli Herpes.
Salah satu momen yang diperingati pada tanggal 13 Oktober adalah Hari Peduli Herpes. Peringatan ini menjadi sebuah kesempatan untuk meningkatkan kesadaran mengenai penyebab, risiko dan pengobatan berbagai jenis infeksi herpes, khususnya herpes genital.

Hari Peduli Herpes Nasional disponsori oleh FemiClear, sebuah merek yang telah meluncurkan produk pereda gejala herpes genital yang dijual bebas dan telah terbukti membunuh 99,9% virus Herpes Simplex I dan II dalam uji laboratorium. Hari Peduli Herpes diciptakan untuk memulai perbincangan seputar kondisi tersebut dan mendorong masyarakat untuk mencari pengobatan untuk gejalanya (saat ini belum ada obatnya) dan mempromosikan wacana yang sehat dan masuk akal tentang dampak virus tersebut terhadap kehidupan masyarakat.

3. Hari Trombosis Sedunia atau World Thrombosis Day.
Hari Trombosis sedunia atau World Thrombosis Day pertama kali diselenggarakan pada 13 Oktober 2014, untuk meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan krisis ini.

Tujuan hari trombosis sedunia ialah sebagai upaya meningkatkan kesadaran global mengenai trombosis, termasuk penyebabnya, faktor risiko, tanda dan gejala, serta pencegahan dan pengobatan berbasis bukti. Upaya tersebut bertujuan untuk meminimalkan jumlah orang yang meninggal atau menjadi cacat akibat kondisi tersebut. Misi Hari Trombosis Sedunia mendukung tujuan Majelis Kesehatan Dunia di seluruh dunia untuk menurunkan kematian dini terkait penyakit tidak menular sebesar 25% pada tahun 2025, serta rencana aksi global Organisasi Kesehatan Dunia untuk pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular antara tahun 2013 dan 2020.

4. Hari Internasional Pengurangan Bencana Alam.
International Day For Natural Disaster Reduction atau Hari Internasional untuk Pengurangan Risiko Bencana diperingati setiap tanggal 13 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini didirikan pada tahun 1989 sebagai tanggapan atas usulan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menetapkan satu hari untuk menumbuhkan budaya kesadaran risiko dan pengurangan bencana secara global.

Pada setiap tahun pada tanggal 13 Oktober, hari ini menyoroti bagaimana masyarakat dan komunitas di seluruh dunia meminimalkan kerentanan mereka terhadap bencana dan meningkatkan kesadaran tentang perlunya mitigasi risiko yang mereka hadapi.

5. Ulang Tahun Angkatan Udara (Navy Birthday).
Tanggal 13 Oktober menjadi momen penting bagi Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), yang diperingati sebagai hari jadinya setiap tahunnya.

Melansir dari Time and Date, Angkatan Laut AS didirikan lebih dari 240 tahun yang lalu sebagai Angkatan Laut Kontinental. Kongres Kontinental saat itu memberi wewenang kepada 2 kapal bersenjata untuk mencari kapal yang memasok senjata dan amunisi kepada tentara Inggris selama Perang Revolusi Amerika (1775–1783).

Ketika perang berakhir, Angkatan Laut Kontinental dibubarkan, tetapi ancaman bajak laut terhadap pelayaran dagang Amerika membuat Presiden George Washington menetapkan Undang-undang Angkatan Laut tahun 1794, yang menciptakan Angkatan Laut Amerika Serikat yang berdiri permanen. Didirikan pada masa Perang Revolusi, Angkatan Laut Kontinental yang asli dibentuk, dibubarkan dan kemudian dibentuk kembali hampir 10 tahun kemudian.

Angkatan Laut Amerika Serikat juga memiliki armada kapal induk terbesar di dunia, lebih dari 300.000 personel aktif dan hampir 100.000 personil dalam Ready Reserve (Cadangan Angkatan Laut).

Show More

Related Articles

Back to top button
Close

Your Adblock Detected

Please, consider supporting us by disabling your ad blocker. Turn off the ad blocker. You can change your settings to allow ads on all sites. Open your browser's Extensions page. Click "AdBlock" and toggle it off. If necessary, click "Remove" to uninstall. On Chrome, allow ads on a site by clicking the padlock or "i" icon. Click the arrow, and then click "Allow ads on this site".
Yukemaricom-Clicky