Info Lowongan KerjaBogorBreaking NewsDepokDKI JakartaJabodetabekNasional

Tips Mengenali Ciri-Ciri Lowongan Pekerjaan Palsu Atau Penipuan

Jakarta – Yukemaricom

Lowongan pekerjaan adalah suatu tawaran yang diberikan oleh perusahaan kepada individu untuk mengisi posisi tertentu dalam organisasi mereka. Namun, tidak semua lowongan pekerjaan yang ada di pasaran adalah asli. Ada beberapa lowongan pekerjaan palsu yang bisa menipu para pencari kerja. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri lowongan pekerjaan palsu agar dapat menghindari penipuan.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri lowongan pekerjaan palsu yang perlu diwaspadai:

1. Gaji Yang Ditawarkan Tampak Menggiurkan/Tak Masuk Akal.

Salah satu ciri umum dari lowongan pekerjaan palsu adalah penawaran gaji yang terlalu tinggi. Jika gaji yang ditawarkan jauh di atas standar industri atau terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka kemungkinan besar itu adalah lowongan pekerjaan palsu. Perusahaan yang sah biasanya memberikan gaji yang sesuai dengan tingkat pengalaman dan kualifikasi yang dimiliki oleh kandidat.

2. Tidak Adanya Persyaratan Kualifikasi.

Apabila lowongan pekerjaan tidak memiliki persyaratan kualifikasi atau hanya membutuhkan sedikit atau tanpa pengalaman kerja, maka itu bisa menjadi tanda adanya penipuan. Setiap perusahaan yang serius akan mencari kandidat yang memiliki kualifikasi dan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang mereka tawarkan.

3. Permintaan Pembayaran Di Awal.

Salah satu indikator kuat dari lowongan pekerjaan palsu adalah permintaan pembayaran di awal. Jika perusahaan meminta pembayaran untuk melamar atau untuk memproses aplikasi Anda, maka itu adalah tanda bahwa mereka tidak jujur. Perusahaan sah tidak akan meminta uang dari calon karyawan mereka sebelum mereka benar-benar diterima untuk posisi tersebut.

4. Tidak Jelas Informasi Lengkap Mengenai Perusahaan.

Lowongan pekerjaan palsu seringkali tidak memberikan informasi yang jelas tentang perusahaan yang mereka wakili. Mereka mungkin hanya memberikan sedikit informasi tentang perusahaan atau tidak memberikan kontak yang dapat dihubungi. Perusahaan yang sah akan memberikan informasi yang lengkap dan jelas tentang diri mereka sendiri agar calon karyawan dapat melakukan riset dan memastikan keberadaan mereka.

5. Proses Seleksi Yang Tidak Profesional.

Apabila proses seleksi terlihat tidak profesional atau terlalu mudah, maka itu bisa menjadi tanda adanya lowongan pekerjaan palsu. Perusahaan yang sah akan memiliki proses seleksi yang ketat dan komprehensif untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan kandidat terbaik.

Selain lima ciri-ciri yang dijelaskan di atas, terdapat hal lainnya diantaranya:

  • Penulisan Deskripsi Lowongan Pekerjaan Yang Buruk,
  • Mencatut Nama Perusahaan Besar,
  • Meminta Informasi Pribadi,
  • Penawaran Yang Mendadak,
  • Tidak Butuhnya Pengalaman Bekerja,
  • Tidak Jelasnya Posisi Pekerjaan Dalam Lowongan Kerja,
  • Penggunaan Bahasa Yang Tidak Formal,
  • Alamat Perusahaan Yang Tidak Jelas,
  • Mencantumkan Semua Nama Kandidat Yang Diundang,
  • Lowongan Pekerjaan Dikirim Dalam Banyak Halaman,
  • Menyebar Undangan Melalui Pesan Singkat Ataupun Whatsapp,
  • Menggunakan Email dan Website Gratis.
    Tips-Mengenali-Ciri-Ciri-Lowongan-Pekerjaan-Palsu-Atau-Penipuan-Berita-Yukemaricom
    Tips Mengenali Ciri-Ciri Lowongan Pekerjaan Palsu Atau Penipuan (Berita Yukemaricom)

    Untuk menghindari lowongan pekerjaan palsu, penting bagi kita untuk melakukan riset yang mendalam tentang perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan tersebut. Kita juga harus selalu waspada terhadap tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan dan tidak memberikan informasi yang jelas tentang perusahaan. Bila merasa curiga, dapat mencari informasi lebih lanjut atau berkonsultasi dengan sumber yang dapat dipercaya sebelum mengambil keputusan.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close

Your Adblock Detected

Please, consider supporting us by disabling your ad blocker. Turn off the ad blocker. You can change your settings to allow ads on all sites. Open your browser's Extensions page. Click "AdBlock" and toggle it off. If necessary, click "Remove" to uninstall. On Chrome, allow ads on a site by clicking the padlock or "i" icon. Click the arrow, and then click "Allow ads on this site".
Yukemaricom-Clicky