EnsiklopediaFood & DrinksFoodsKabar TerkinikolomLife Stylenasional
Sedang Trend

Kamu Penikmat Kopi ? Kenali Yuk Jenis-Jenis Kopi Yang Ada Di Indonesia !!

Jakarta – Yukemari.com

Hello Sahabat Yukemari.com, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga tetap sehat dan tetap semangat dalam menjalani aktifitas hari ini.

Dari kalian, siapa sih yang belum pernah meminum secangkir kopi ?? Tentunya pernah kan mencicipi secangkir kopi meski hanya sesekali bahkan sudah terbiasa disetiap hari. Nah kali ini Yukemari.com akan membahas seputar kopi dan jenis-jenis kopi di Indonesia lohh. Jangan kemana-mana ya simak terus bahasannya di Yukemari.com

Baca juga : Jangan Abaikan, Berikut Ini Gejala Penyakit Radang Paru-Paru Pneumonia

Akhir-akhir ini menikmati secangkir kopi sudah menjadi sebuah aktifitas yang lumrah dilakukan oleh khalayak umum bahkan sudah menjadi kebiasaan yang tak terpisahkan disetiap harinya. Umumnya menikmati secangkir kopi dilakukan ketika beristirahat, membaca koran, menonton tayangan televisi, mendengarkan lagu-lagu dan ketika berbincang bersama rekan ataupun partner kerja. Menikmati secangkir kopi pun juga tidak terbatas oleh waktu dan tempat lho.

Di Indonesia khususnya, untuk menikmati secangkir kopi selain dirumah, kamu bisa juga menikmati kopi dibeberapa tempat yang memang selalu dijadikan sebagai lokasi yang tepat untuk mencicipi nikmatnya kopi seperti halnya ketika beristirahat sambil berbincang-bincang bersama rekan atau partner kerja di cafe, di mall hingga di warung kopi pinggir jalan. Mudah bukan untuk mendapatkannya ?

Tidaklah mengherankan bahwa kopi semenjak dahulu kala telah menjadi salah satu bagian dari aktifitas masyarakat Indonesia sehari-hari mulai dari yang berusia remaja hingga yang berusia dewasa, jika boleh dikatakan menikmati secangkir kopi telah menjadi sebuah tradisi bagi beberapa orang dan pecinta kopi.

Baca juga : Berencana Travelling ? Berikut Ini Rahasia Agar Kamu Tetap Cantik dan Fresh

Nah kita sebagai orang Indonesia patut bersyukur dan berbangga sebab negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang dikenal dengan kekayaan alam dan rempah-rempahnya mulai dari pala, cengkeh, teh hingga kopi sejak dahulu kala. Dari kekayaan alam dan rempah-rempah tersebut menjadi berkah tersendiri bagi para petani dan rakyat Indonesia bila diolah dengan baik dan bijak sebab memiliki sebuah nilai positif dari segi ekonomi yakni dapat memberikan pemasukan yang lumayan bahkan jumlahnya boleh dikatakan tidaklah sedikit.

Dari berbagai kekayaan alam Indonesia, salah satunya adalah kopi. Kopi Indonesia telah terkenal khas serta menjadi sebuah daya tarik para wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Ada hal yang kita patut bangga juga, sekarang ini Indonesia menduduki urutan ke 4 sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia.  Negara penghasil kopi terbaik nomor 1 di dunia yaitu Brazil kemudian Vietnam dan Kolombia.

Baca juga : Berencana Liburan dan Travelling ? Jangan Lupa Perhatikan Hal-Hal Penting Berikut Ini !!

Kamu suka menikmati secangkir kopi kan ?  namun tentu ada beberapa dari kalian penikmat kopi masih belum mengetahui berapa jenis sih kopi yang ada di Indonesia ? Well pada kesempatan kali ini Yukemari.com akan mengulas jenis-jenis kopi yang perlu sahabat Yukemari ketahui. Penasaran kan apa saja jenis-jenis kopi di Indonesia, yuk baca sampai habis ulasannya dibawah ini !!

Berikut Ini Jenis-Jenis Kopi Yang Ada di Indonesia, Diantaranya :

  1. Kopi Sidakalang.

Kopi Sidikalang menjadi kopi terbaik di Indonesia selanjutnya yaitu dengan cita rasa yang mantab. Kopi ini sangat digemari para pecinta kopi sejati baik dari nusantara ataupun dari manca negara Karena kualitasnya yang tinggi kopi sidikalang ini menjadi pesaing utama dari kopi Brazil.

Kopi ini mempunyai tekstur yang paling halus diantara jenis kopi dunia. Kopi Sidikalang menjadi pilihan terbaik saat menemani soremu. Jenis-Jenis kopi ini sangat mudah kamu temui di berbagai tempat di Indonesia.

2. Kopi Wamena

Kopi Wamena tumbuh subur di pegunungan wamena dan menjadi salah satu penghasil kopi indonesia. Mempunyai aroma yang ringan dan mempunyai ciri khas harum di setiap biji kopinya adalah karakter kopi Wamena. Para petani di Wamena sampai saat ini masih menggunakan bahan-bahan organik dalam penanaman kopi mereka. Jadi akan terasa kopi yang original, ringan tampa ampas, harum dan tidak meninggalkan rasa asam di lidah. Jenis kopi ini kini memang bisa dikatakan agak sukar dalam pendistribusiannya.

Promo Wedding Jakarta – Gebyar Ulang Tahun BRP Ballroom

3. Kopi Luwak

Belum lengkap jika belum mengenal kopi yang satu ini. Kopi jenis ini menjadi salah satu target utama para pecinta kopi di seluruh dunia. Produksi yang sangat terbatas menjadikan kopi ini langka dan sangat mahal untuk mencicipi secangkir kopi luwak ini.

Kopi luwak dihasilkan dari proses yang menarik dan unik. Sejarahnya terciptanya kopi luwak ini yaitu pada zaman Belanda para petani tidak diizinkan mencicipi kopi yang telah ditanamnya.

Suatu ketika para petani melihat luwak atau musang ini memakan biji kopi. Ternyata luwak ini tidak bisa mencerna biji kopi yang dimakannya. Dilihat dari hasil kotorannya yang masih menyisakan biji kopi yang ditanamnya.

Para petani yang mempunyai penasaran tinggi ingin merasakan kopi. Merebus biji kopi tersebut & ternyata menghasilkan sajian kopi yang bercita rasa tinggi hingga saat ini.

Kini Kopi luwak menjadi kopi terbaik dan termahal di dunia dan tentunya asli produk Indonesia.

4. Kopi Lanang.

Terciptanya kata kopi lanang yaitu karena pada biji kopi lanang ini berbentuk  bulat, tunggal serta tidak adanya belahan tengah seperti pada biji kopi pada umumnya. Kata “lanang” merupakan istilah bahasa jawa untuk menandakan bahwa itu “laki-laki.”

Dan memang betul bahwa kopi ini salah satu manfaatnya dalah menambah vitalitas pria. Tidaklah mengherankan apabila kopi ini harganya lebih mahal dari kopi-kopi lain yang ada. Kopi jenis ini bisa menghasilkan kopi lanang robusta dan kopi lanang  Arabika. Kopi jenis ini sangat populer ketika pemerintahan Belanda dahulu kala. Kopi jenis ini bisa menjadi referensi karena memiliki khasiat untuk kesehatan.

Duh ! 6 Alasan Ini Penyebab Nilai Tukar Mata Uang Tiap Negara Berbeda-Beda

5. Kopi Jawa.

Kopi Jawa mulai diketahui dan diakui dunia mulai abad ke 17. Saat itu Belanda memulai menanam biji kopi Jawa di tanah Jawa dan menjadikannya produsen penghasil kopi terbesar di dunia. Meski jenis-jenis kopi telah banyak kala itu namun kopi Jawa masih menjadi pilihan utama bagi para petinggi Belanda.

6. Kopi Flores.

Sudah umum diketahui bahwa Flores memiliki keindahan yang menawan untuk dikunjungi. Selain keindahan alamnya, Flores juga memiliki kopi khas Flores yang terdapat pada dataran ngada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Daerah Flores ini juga menyumbang akan kopi terbaik Nusantara yang di kenal dunia.

Kopi di flores tumbuh subur karena  adanya abu vulkanik dari gunung berapi. Jenis kopi Arabica merupakan jenis kopi flores.  Beraroma buah dan ada tambahan tembakau setelah meminumnya. Kamu akan terkesan setelah meminum kopi ini.

7. Kopi Kintamani.

Di daerah Kintamani Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri khas yang beda dari yang lain. Kopi asal pulau Dewata Bali inipun memiliki cita-rasa yang bercampur dengan rasa buah yang tidak dimiliki oleh daerah lain.  Bercita rasa keasaman bercampur dengan rasa segar cita rasa unik.

Itu disebabkan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan aneka ragam sayuran atau yang biasa disebut dengan sistem tumpang sari. Kelebihan itulah yang kerapkali dicari oleh para pecinta kopi Nusantara. Dan kopi Kintamani ini bisa menjadi salah satu alternatif tepat menemani aktifitasmu

8. Kopi Toraja.

Sudah tidak asing tentu dengan jenis kopi yang satu ini. Kopi Toraja berasal dari pegunungan toraja – Sulawesi Selatan.

Pegunungan Toraja memang sangat istimewa, terbukti dua jenis kopi terbaik dunia dihasilkan sekaligus yaitu Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta didaerah ini.

9. Kopi Gayo.

Kopi Gayo merupakan salah satu jenis kopi Arabika yang memang telah terkenal diberbagai negara di dunia. Kopi Gayo dihasilkan di daerah Aceh Tengah di dataran tinggi Gayo. Di dataran tinggi Gayo inilah sentral perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia tercipta.

Baca juga : Download Jutaan Aplikasi, Game Android & PC Games Terbaru DISINI !! (Full + Compressed)

Dalam sebuah kajian Internasional, kopi Arabika Gayo memiliki rasa paling khas dan mudah diterima bagi kalangan penikmat kopi daripada kopi Arabika yang ditanam di daerah lain.

Terima kasih telah meluangkan waktu membaca informasi yang kami sajikan, yukemari.com salah satu portal berita tepat memenuhi kebutuhanmu dalam mencari referensi informasi, kabar-kabar, berita, tips dan artikel menarik yang sangat up-to-date.

Jangan lupa memberikan komentar, saran positif yang membangun ya. Apabila kalian berminat menjalin partnership dan penayangan iklan, silakan kirimkan minatmu ke email kami di [email protected]

Selain itu buat kamu yang gemar menyampaikan sebuah topik diskusi silakan bergabung didalam forum kami. Caranya mudah, kamu daftar di http://forum.yukemari.com dan kemudian buatlah topik-topik menarik untuk didiskusikan bersama member-member lainnya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote
Sumber
Yukemaricom
Tags
Tunjukkan Selebihnya

Leave a Reply

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

X
Close

Adblocker Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
X
Pameran-Pernikahan-Simple-Wedding-Fair-by-Simple-Wedding-Indonesia-BRP-Ballroom

Simple Wedding Fair III

31 Agustus-01 September 2019

Info Selengkapnya