DKI JakartaJabodetabekNasional

Mengenal Lebih Dekat Kereta Cepat Jakarta – Bandung Yang Baru Saja Diresmikan Presiden Jokowi

Yukemari.com – Jakarta

Apa itu Kereta Cepat Jakarta – Bandung?

Kereta kereta cepat Jakarta – Bandung merupakan sebuah proyek kereta supercepat yang menghubungkan Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan Kota Bandung – Jawa Barat. Proyek ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk memperbaiki sistem transportasi di negara ini dan mempercepat konektivitas antara dua kota terbesar di pulau Jawa.

Dikutip dari Wikipedia, bahwa Whoosh adalah sebuah layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Kereta api ini memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/h yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat dengan Halim di Jakarta Timur.

Proyek kereta cepat Jakarta – Bandung diinisiasi pada tahun 2015 oleh kerja sama antara Indonesia dan China. Kereta ini direncanakan akan memiliki kecepatan maksimum 350 kilometer per jam dan panjang jalur sekitar 142 kilometer. Diperkirakan, perjalanan dari Jakarta ke Bandung dengan kereta cepat ini hanya akan memakan waktu sekitar 40 menit, dibandingkan dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dengan transportasi darat konvensional.

Proyek ini menggunakan teknologi kereta supercepat China yang telah terbukti sukses di negara lain seperti Tiongkok dan Jepang. Kereta-kereta ini akan dilengkapi dengan fasilitas modern seperti Wi-Fi, kursi yang nyaman, dan pendingin udara. Selain itu, proyek ini juga akan mencakup pembangunan stasiun dan infrastruktur pendukung lainnya.

Tidak hanya memberikan manfaat bagi wisatawan dan pengusaha, kereta cepat ini juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan di jalan raya antara Jakarta dan Bandung. Dengan memilih kereta cepat sebagai sarana transportasi, orang-orang dapat menghindari kemacetan dan tiba di tujuan dengan lebih efisien dan nyaman.

Namun, proyek kereta cepat Jakarta – Bandung juga menghadapi beberapa tantangan. Salah satunya adalah masalah pembebasan lahan yang diperlukan untuk membangun jalur kereta. Pemerintah harus melakukan negosiasi dengan pemilik lahan dan memastikan kompensasi yang adil untuk mereka. Selain itu, proyek ini juga harus mempertimbangkan dampak lingkungan, termasuk konstruksi jalur kereta dan penggunaan lahan secara berkelanjutan.

Meskipun menghadapi tantangan, proyek kereta cepat Jakarta – Bandung tetap menjadi prioritas bagi pemerintah Indonesia. Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antara Jakarta dan Bandung, mendorong pertumbuhan ekonomi di kedua kota, dan mengurangi beban lalu lintas di jalan raya. Selain itu, proyek ini juga menjadi contoh kerja sama antara Indonesia dan China dalam bidang infrastruktur dan teknologi.

Diharapkan, kereta cepat Jakarta – Bandung akan segera menjadi kenyataan dan membawa perubahan positif bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya kereta cepat ini, orang-orang akan memiliki opsi transportasi yang lebih cepat dan nyaman, serta dapat menjelajahi kedua kota dengan lebih mudah.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close

Your Adblock Detected

Please, consider supporting us by disabling your ad blocker. Turn off the ad blocker. You can change your settings to allow ads on all sites. Open your browser's Extensions page. Click "AdBlock" and toggle it off. If necessary, click "Remove" to uninstall. On Chrome, allow ads on a site by clicking the padlock or "i" icon. Click the arrow, and then click "Allow ads on this site".
Yukemaricom-Clicky