Teknologi Informasi

Langkah-Langkah Install Composer di Windows Untuk Membangun Aplikasi Website

Jakarta  РYukemari.com

Composer adalah sebuah tools yang digunakan untuk mengelola dependensi PHP di project Anda. Composer adalah salah satu tools yang sangat populer digunakan oleh developer PHP untuk mengelola dependensi seperti library, framework atau package lainnya.

Sebelum melakukan instalasi framework Laravel Anda harus menginstall Composer terlebih dahulu. Composer berfungsi untuk menghubungkan project aplikasi dengan library dari packagist.org. Packagist merupakan situs yang menyimpan banyak library PHP yang bisa digunakan melalui Composer.

Selain menghubungkan dengan Packagist, Composer punya banyak manfaat untuk Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Membuat programming dengan PHP jadi lebih terstruktur dengan konsep MVC.
  • Composer punya fitur autoload sehingga Anda tidak perlu memasukkan semua class PHP yang dibutuhkan.
  • Anda tidak perlu memasukkan package secara manual karena semua package sudah tersedia otomatis di Composer.

Untuk menginstalasi Composer di sistem operasi Windows, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Download Composer
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload Composer dari website resminya, yaitu https://getcomposer.org/download. Di website tersebut, Anda akan menemukan file composer-setup.exe yang dapat Anda download.

2. Menjalankan Installer Composer
Setelah file composer-setup.exe selesai didownload, Anda dapat menjalankan installer tersebut. Pada jendela installer, Anda akan diminta untuk memilih lokasi instalasi Composer dan juga lokasi PHP yang akan digunakan oleh Composer. Pastikan Anda sudah menginstal PHP sebelumnya di komputer Anda.

3. Selesai Instalasi
Setelah proses instalasi selesai, Composer akan terinstal di komputer Anda dan siap digunakan. Untuk memastikan Composer berhasil terinstal, Anda dapat membuka command prompt atau PowerShell dan menjalankan perintah “composer –version”. Jika Composer berhasil terinstal, Anda akan melihat versi Composer yang terpasang di komputer Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah berhasil menginstal Composer di Windows dan siap untuk mengelola dependensi PHP di project Anda. Composer akan memudahkan Anda dalam mengelola dependensi PHP dan memastikan project PHP Anda tetap teratur dan terorganisir.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close

Your Adblock Detected

Please, consider supporting us by disabling your ad blocker. Turn off the ad blocker. You can change your settings to allow ads on all sites. Open your browser's Extensions page. Click "AdBlock" and toggle it off. If necessary, click "Remove" to uninstall. On Chrome, allow ads on a site by clicking the padlock or "i" icon. Click the arrow, and then click "Allow ads on this site".
Yukemaricom-Clicky